Oleh : Anna Lusiana
Pasar menurut Ilmu Ekonomi adalah Pertemuan
Permintaan dan Penawaran. Pasar menurut ekonomi bersifat interaktif non fisik. Mekanisme
pasar merupakan proses penentuan tingkat harga berdasarkan kekuatan permintaan
dan penawaran
PERMINTAAN
Keinginan konsumen membeli suatu barang pada
berbagai tingkat harga selama priode waktu tertentu.
A). Faktor yang Mempengaruhi
Permintaan:
1. Harga Barang Itu Sendiri
Hukum Permintaan,”Jika suatu harga
barang naik, ceteris paribus, maka
jumlah barang itu yang diminta akan berkurang, dan sebaliknya.”
Keberlakuan Hukum Permintaan:
1.
Jika harga
barang naik, pendapatan konsumen yang tetap merupakan kendala bagi konsumen
untuk melakukan pembelian yang lebih banyak.
2.
Jika harga
barang naik, konsumen akan mencari barang pengganti.
2. Harga Barang Lain yang Terkait
Keterkaitan dua macam barang dapat
bersifat subtitusi (pengganti) dan komplemen (penggenap).
3. Tingkat Pendapatan per Kapita
Hal ini mempengaruhi daya beli.
Makin tinggi tingkat pendapatan, daya beli akan makin kuat, sehingga permintaan
terhadap suatu barang akan meningkat.
4. Selera atau Kebiasaan
Contoh : permintaan beras di Sumatra
lebih banyak daripada di daerah Maluku. Karena kebiasaan orang Maluku dari
kecil adalah memakan sagu sebagai nasi. Sedangkan di daerah Sumatra, mereka
lebih banyak mengonsumsi beras baik untuk dimakan atau untuk upacara adat.
5. Jumlah Penduduk
Contoh : masyarakat Indonesia lebih banyak
mengonsumsi beras karena dipengaruhi oleh jumlah penduduk. Semakin banyak
jumlah penduduk suatu wilayah, maka akan semakin banyak pula kebutuhan beras
harus dipenuhi oleh wilayah tersebut.
6. Perkiraan Harga di Masa Mendatang
Contoh : pada bulan Ramadhan, banyak
masyarakat membeli pakaian dan sembako. Setiap tahun kita sudah tahu bahwa saat
Ramadhan harga pakaian dan sembako akan tinggi. Maka jauh-jauh hari/bulan
masyarakat membeli sebanyak-banyaknya sebagai persediaan karena harga masih
murah. Maka hal ini membuat permintaan terhadap suatu barang pun ikut
meningkat.
7. Distribusi Pendapatan
Tingkat pendapatan per kapita bisa
memberikan kesimpulan yang salah bila distribusi pendapatan buruk. Jika
distribusi pendapatan buruk maka daya beli secara umum akan melemah.
Selanjutnya permintaan terhadap suatu barang menurun.
8. Usaha-usaha Produsen
Meningkatkan Penjualan
Contoh : periklanan. Periklanan
memungkinkan masyarakat untuk mengenal suatu produk yang kita tawarkan sehingga
masyarakat tertarik untuk membeli. Disamping itu barang yang sudah lama berada
dipasaran, akan mengingatkan kembali kepada konsumen untuk tetap membeli produk
tersebut.
B). Fungsi Permintaan
Definisi dari fungsi permintaan adalaah permintaan
yang dinyatakan dalam hubungan matematis dengan faktor-faktor yang
mempengaruhinya. Dari fungsi permintaan kita dapat mengetahui hubungan antara
variabel tidak bebas dan variabel bebas.
- +/-
+ + + + + +
Dx
= (Px, Py, Y/cap,
Sel, Pen, Pp,
Ydist, prom)
Dimana : Dx = permintaan
barang X
Px = harga X
Py = harga Y (barang subtitusi atau
komplemen)
Y/cap = Pendapatan per kapita
sel = selera atau kebiasaan
pen = jumlah penduduk
Pp = Perkiraan harga X periode mendaatang
Ydist = distribusi pendapatan
Prom = upaya produsen meningkatkan penjualan (promosi)
Dx adalah variabel tidak bebas, karena besar
nilainya ditentukan oleh variabel-variabel lain. (Px, Py, Y/cap, Sel, Pen, Pp,
Ydist, prom) merupakan variabel bebas karena besarnya nilai tidak tergantung
besarnya nilai variabel lain. Tanda positif (+) menunjukkan hubungan searah
terhadap permintaan barang X dan negatif (-) menunjukkan sebaliknya.
C). Permintaan Individual dan
Permintaan Pasar
Ada beberapa macam Permintaan diantaranya adalah:
1.
Permintaan
berdasarkan jumlah konsumen :
- Permintaan
Individual : permintaan yang dilakukan oleh seorang konsumen saja.
- Permintaan Pasar
: permintaan terhadap suatu barang di pasar pada waktu dan harga tertentu yang
dilakukan oleh sekelompok konsumen.
2.
Permintaan
berdasarkan daya beli konsumen :
- Permintaan
Efektif : permintaan yang didukung oleh daya beli atau kemampuan membayar dan
sudah dilaksanakan.
- Permintaan
Potensial : permintaan yang didukung oleh kemampuan daya beli namun belum
melakukan pembelian.
- Permintaan
absolut : permintaan terhadap barang/jsa yang tidak disertai daya beli.
D). Kasus Pengecualian
Adakalanya hukum permintaan tidak
selalu berlaku atau terjadi, yaitu saat harga suatu barang naik justru membuat
permintaan terhadap suatu barang meningkat.
1.
Barang yang Memiliki Unsur Spekulasi
Contoh : Emas dan
rumah. Walaupun harga emas dan rumah saat ini naik, hal ini tidak menutuop
kemungkinan pembeli tidak akan membeli, karena terdapat unsur spekulasi. Saat
rumah dan emas terjual dimasa yang akan datang mereka mengharapkan akan
memperoleh keuntungan. Seperti berinvestasi.
2.
Barang Prestise
Contoh : Harga tas dan
sepatu artis. Semakin mahal harga sepatu dan tas semakin memiliki nilai
prestise yang tinggi. Karena pada umumnya dipengaruhi gengsi.
3.
Barang Giffen
Untuk barang giffen,
apabila harganya turun menyebabkan jumlah barang yang diminta akan berkurang.
Atau kenaikan pendapatan nyata (daya beli) konsumen justru mengakibatkan
permintaan terhadap barang tersebut menjadi berkurang.
contoh kasus :
contoh kasus :
Table
2.
Uji
Signifikansi Model Parsial
Variabel
|
t
hitung
|
Sig
|
Keputusan
|
Persediaan
|
4,307
|
0,023
|
Ho ditolak
|
Permintaan
|
9,350
|
0,003
|
Ho ditolak
|
Sumber : Lampiran 2
Signifikansi pengaruhi
Persediaan terhadap Profitabilitas.
Hasil uji t hitung pengaruh variable Persediaan terhadap
Profitabilitas PT. Eco Agro Mandiri Pangean Maduran Lamongan didapatkan nilai t
hitung 4,307 dengan signifikansi 0,032. Hasil diatas menjelaskan bahwa variable
Persediaan terbukti mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap Profitabilitas
pada PT.Eco Agro Mandiri Pangean Maduran Lamongan. (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen)
Anonim. 2015. Pengertian Permintaan
dalam Ilmu Ekonomi. Knowledgeisfreee.blogspot.co.id . Diambil dari: http://knowledgeisfreee.blogspot.co.id/2015/09/pengertian-permintaan-dalam-ilmu-ekonomi.html?m=1
. (diakses 13 Maret 2017)
R, Tifah. 2013. Mekanisme Pasar :
Permintaan dan Penawaran. Wordpress.com . Diambil dari: https://www.google.com/amp/s/latipahrabbani3103.wordpress.com/2013/12/14/mekanisme-pasar-permintaan-dan-penawaran/amp/
. (diakses 13 Maret 2017)
Rahardja, Prathama dan Mandala
Manurung. 2008. Pengantar
Ilmu Ekonomi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas
Indonesia.
Ismail, Haris Bashory. 2016. Analisis Faktor
Persediaan Barang dan Permintaan Pasar terhadap Profitabilitas PT. Eko Argo
Mandiri Lamongan. Lamongan: Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen. Vol. 1,
No.01, Febuari 2016. Diambil dari: http://journal.unisla.ac.id/pdf/113112016/Haris%20Bashori%20ismail.pdf
(diakses 13 Maret 2017)
Wardhiansyah, Muhammad. 2015. Permintaan dan
Penawaran di dalam Ilmu Ekonomi. Wordpress.com . Diambil dari: https://www.google.com/amp/s/muhammadwardhiansyah1995.wordpress.com/2015/05/05/permintaan-dan-penawaran-di-dalam-ilmu-ekonomi/amp/
(diakses 13 Maret 2017)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.