.

Senin, 29 Mei 2017

Penciptaan Uang Di Indonesia



Oleh : @B38-Anna
Anna Lusiana

Uang adalah benda yang berfungsi sebagai alat tukar barang yang memiliki nilai nominal yang ditentukan secara universal, mempermudah proses transaksi tanpa takut mengalami kerugian.
Penciptaan uang adalah proses memproduksi atau menghasilkan uang baru. Terdapat 3 cara untuk menciptakan uang:

1.      Mencetak mata uang kertas atau uang logam
2.     Melalui pengadaan utang dan pinjaman
3. Melalui beragam kebijakan pemerintah, misalnya seperti pelonggaran kuantitatif.

Siapakah yang mengatur dan bertanggung jawab atas beredarnya uang dimasyarakat?

Yang bertanggung jawab untuk mengukur jumlah uang yang beredar dan menentukan banyaknya uang yang ada pada suatu waktu tertentu adalah Bank Sentral. Di indonesia bank yang bertanggung jawab sebagai bank sentral adalah Bank Indonesia.

Mekanisme Penciptaan Uang

Dalam mekanisme penciptaan uang terdapat 3 pelaku penciptaan uang:

1.    Otoritas Moneter sebagai pencetak uang kartal. Di indonesia otoritas moneter adalah Peruri yaitu Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia.
2.     Bank Umum sebagai pencipta uang giral dan kuasi
3.   Sektor Swasta Domestik sebagai pengguna uang yang diciptakan otoritas moneter dan bank sentral.

Otoritas Moneter dalam hal ini disebut dengan Bank Sentral sebagai lembaga independent yang mengatur peredaran uang yang dicetaknya. Hanya pada bank sentral uang kartal diciptakan yang nantinya uang tersebut didistribusikan ke Bank Umum dalam bentuk uang kartal. Bank Umum mengubah lagi uang kartal tersebut menjadi uang giral yang berbentuk tabungan giro dan saving deposit. Uang tersebut nantinya akan disalurkan ke sektor swasta domestik. Bentuk uang inilah yang disebut uang inti atau uang primer. Uang primer adalah uang yang dipegang bank umum dan masyarakat umum ditambahkan dengan saldo rekening giro milik bank umum dan masyarakat di bank indonesia. (dikutip dari qonitriadi.wordpress.com)



Daftar Pustaka:

Anonim. 2017. Penciptaan Uang. Id.Wikipedia.org . diambil dari : https://id.wikipedia.org/wiki/Penciptaan_uang
Qonitriadi. 2013. Uang: Pengertian, penciptaan dan peranannya dalam perekonomian. Qonitriadi.wordpress.com . diambil dari https://qonitriadi.wordpress.com/2013/03/22/uang-pengertian-penciptaan-dan-perananya-dalam-perekonomian/
Rahardja, Prathama dan Mandala Manurung. 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.