.

Selasa, 30 Mei 2017

Fungsi Primer, Fungsi Sekunder, dan Fungsi Dinamis dalam Uang


@B12-Ramadhon

OLEH : RAMADHON ARDIANSYAH

PENDAHULUAN
Ekonomi Moneter merupakan bagian dari Ilmu Ekonomi yang mempelajari tentang sifat, fungsi serta pengaruh uang terhadap kegiatan ekonomi.
Secara umum, kegiatan ekonomi dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang mempengaruhi tingkat penggunaan produksi, harga dan hubungan perdagangan atau pembayaran internasional. Oleh karena itu, uang menjadi sangat penting untuk dibahas, karena fungsi dan peranan uang dalam kegiatan ekonomi manusia. Seluruh aspek dalam kehidupan manusia modern saat ini tidak terlepas dan ditopang sepenuhnya oleh uang. Tidak ada satu peradapan di dunia yang tidak mengenal dan menggunakan uang. Oleh karena itu, pada makalah ini kita akan membahas tentang apa itu uang, apa peranan uang, serta bagaimana perkembangan dari uang itu sendiri.

PERMASALAHAN
1)                Adakah pengaruh dan fungsi uang pada kegiatan ekonomi nasional?
2)                Mengetahui fungsi/kegunaan uang?
PEMBAHASAN
A)    FUNGSI UANG
Secara umum, uang memiliki fungsi sebagai perantara untuk pertukaran barang dengan barang, juga untuk menghidarkan perdagangan dengan cara barter. Secara lebih rinci, fungsi uang dibedalan menjadi dua: fungsi asli dan fungsi turunan.Fungsi asli uang ada tiga, yaitu sebagai alat tukar, sebagai satuan hitung, dan sebagai penyimpan nilai.Uang berfungsi sebagai alat tukar atau medium of exchange yang dapat mempermudah pertukaran. Orang yang akan melakukan pertukaran tidak perlu menukarkan dengan barang, tetapi cukup menggunakan uang sebagai alat tukar. Kesulitan-kesulitan pertukaran dengan cara barter dapat diatasi dengan pertukaran uang.
Uang juga berfungsi sebagai satuan hitung (unit of account) karena uang dapat digunakan untuk menunjukan nilai berbagai macam barang/jasa yang diperjualbelikan, menunjukkan besarnya kekayaan, dan menghitung besar kecilnya pinjaman. Uang juga dipakai untuk menentukan harga barang/jasa (alat penunjuk harga). Sebagai alat satuan hitung, uang berperan untuk memperlancar pertukaran.Selain itu, uang berfungsi sebagai alat penyimpan nilai (valuta) karena dapat digunakan untuk mengalihkan daya beli dari masa sekarang ke masa mendatang. Ketika seorang penjual saat ini menerima sejumlah uang sebagai pembayaran atas barang dan jasa yang dijualnya, maka ia dapat menyimpan uang tersebut untuk digunakan membeli barang dan jasa di masa mendatang.
Selain ketiga hal di atas, uang juga memiliki fungsi lain yang disebut sebagai fungsi turunan. Fungsi turunan itu antara lain uang sebagai alat pembayaran, sebagai alat pembayaran utang, sebagai alat penimbun atau pemindah kekayaan (modal), dan alat untuk meningkatkan status sosial.
B)    Fungsi Asli atau Fungsi Primer
1. Uang sebagai alat tukar umum (medium of change)

Dengan uang, seseorang dapat dengan mudah menukarkannya dengan apa yang dikehendaki dan yang dibutuhkannya.

Dalam hal ini, uang mempunyai daya beli. Uang dapat mempermudah pertukaran barang dan jasa, serta memperlancar perekonomian. Jadi, uang dapat ditukarkan dengan jenis barang/jasa yang diperlukan secara mudah.

2. Uang sebagai alat satuan hitung (unit of account) atau pengukur nilai (standard of value)

Satuan hitung adalah nilai suatu barang dan jasa yang dinyatakan dengan uang. Sebagai satuan hitung berarti uang dipergunakan sebagai alat untuk menunjukkan nilai barang dan jasa yang diperjual-belikan di pasar.
C)    Fungsi Turunan atau Fungsi Sekunder
1. Uang sebagai alat pembayaran yang sah (means of payment)

Pemerintah menetapkan, bahwa uang itu adalah tanda pembayaran yang sah. Artinya, uang ituharus diterima sebagai alat pembayaran yang sah.

2. Uang sebagai alat untuk menabung

Orang yang mempunyai kelebihan penghasilan dapat menyisihkan sebagian uangnya untuk ditabung atau disimpan di bank. Menurut J.M. Keynes, alasan seseorang menabung uangnya dalam bentuk tunai adalah untuk melakukan transaksi, berjaga- jaga, atau spekulasi.


3. Uang sebagai alat menimbun kekayaan (store value)

Dengan uang seseorang dapat menimbun kekayaan dengan cara membeli tanah, rumah, kendaraan, dan perhiasan. Dengan uang seseorang akan lebih mudah menukarkan suatu barang dengan barang lain yang ia kehendaki.

4. Uang sebagai alat untuk menciptakan kesempatan kerja.

Orang dapat menggunakan uang untuk membuka lapangan kerja baru atau memperluas usahanya. Ia dapat mendirikan pabrik, membuka bengkel, membuka perkebunan atau usaha dagang. Semua usaha itu dapat menyerap tenaga kerja, sehingga mengurangi pengangguran..

5. Standar pembayaran utang (standard of deffered payment)
Uang disebut alat pembayaran yang sah, tidak hanya dalam hal jual beli barang dan jasa, tetapi juga bila tidak ada balas jasa yang langsung diterima. Misalnya orang membayar pajak kepada negara, melunasi utang, dan membayar denda.

6. Penunjuk harga

Dalam perdagangan barang dan jasa, uang itu ditetapkan sebagai penunjuk harga untuk satuan barang atau jasa.

7. Alat pembentuk modal.

Jika seseorang atau beberapa orang mendirikan atau sedang menjalankan perusahaan maka modal perusahaan itu dinyatakan dengan uang.
D)    Fungsi Dinamis
 
Uang dapat menentukan kegiatan perekonomian terutama dalam kegiatan moneter dan fiskal dimana kebijakan yang dapat ditempuh oleh suatu negara maupun oleh seseorang kadang-kadang dipengaruhi oleh beredarnya uang di masyarakat, sehingga pada gilirannya akan timbul kecenderungan- kecenderungan terhadap pengaruh naiknya barang-barang atau sebaliknya mungkin akan berakibat turunnya harga barang-barang tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2013. Makalah Jenis dan Fungsi uang.

Anonim. 2016. Fungsi Uang Fungsi Primer Fungsi Fungsi Sekunder dan Fungsi dinamis

Anonim. 201. Makalah Jenis dan Fungsi Uang.

Upi Supriyanti. 2013. Makalah. Peranan Fungsi Uang.

                                                      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.