.

Selasa, 30 Mei 2017

FUNGSI DARI UANG

Andry Febriansyah
@A12-Andry

FUNGSI UANG

Kehidupan manusia bisa dibilang tidak bisa lepas dari kebutuhan akan uang. Meskipun uang hanyalah lembaran kertas dan koin, tapi setiap orang mau bekerja dan sebagian rela melakukan apapun demi untuk mendapatkannya.
Istilah seperti: ‘Ada uang Abang disayang’, ‘tak ada uang Abang ditendang’, ‘Hampir semua di dunia ini bisa dibeli dengan uang’, dan ‘Mabok duit (uang)’ adalah contoh betapa besar peranan uang buat manusia. 

Pada pembahasan berikut inilah kita akan membahas fungsi dari uang, apa saja kah itu?

A. Fungsi asli

1) Sebagai satuan pengukur nilai (a measure of relative value) Uang dapat digunakan untuk rnengukur nilal suatu barang atau jasa. Uang dapat pula berfungsi sebagai satuan hitung (unit of account), yaitu uang dapat digunakan sebagai alat untuk menghitung kegiatan ekonomi masyarakat.
2) Sebagai alat tukar menukar (medium of exchange)
Uang dapat ditukarkan dengan barang atau jasa yang dibutuhkan. Dengan adanya uang sebagai alat tukar menukar, dapat menghilangkan diperlukannya kesesuaian kebutuhan sebelum pertukaran dilakukan seperti dalam barter. Uang di sini merupakan medium yang menjembatani barang dan jasa antara penjual dan pembeli.

B. Fungsi turunan

Fungsi turunan uang adalah sebagai berikut.
1) Sebagai alat pembayaran
Uang dapat digunakan untuk membayar barang atau jasa yang dibutuhkan oleh manusia.
2) Sebagai alat penimbun kekayaan (menabung)
 3) Sebagai alat pembentuk modal
Uang dapat dijadikan modal (diinvestasikan) untuk usaha yang nantinya akan membuka lapangan kerja bagi orang yang menginginkan pekerjaan tersebut.
4) Sebagai pembentuk dan pemindah kekayaan
Dengan uang seseorang dapat membentuk kekayaan, misalnya dengan cara membeli rumah, tanah, ternak, perhiasan, atau kendaraan. Selain itu, dengan uang orang juga bisa memindahkan kekayaan yaitu dengan cara menjual kekayaan tersebut untuk kemudian dibelikan di tempat lain.
5) Sebagai alat pendorong kegiatan ekonomi dan pencipta lapangan kerja
Dengan uang, seseorang dapat melakukan kegiatan ekonomi (usaha) yang dapat menghasilkan uang sehingga dapat membuka kesempatan kerja.

Namun untuk benda dapat dijadikan sebagai uang jika memenuhi syarat. apa saja kah syarat-syarat nya? berikut adalah persyaratan uang.
Syarat-syarat suatu benda dapat dijadikan uang adalah sebagai berikut.
a. Dapat diterima secara umum (acceptability).
b. Mudah disimpan dan nilainya tetap (stability of value).
c. Tahan lama (durability).
d. Mudah dibawa kemana-mana (portability).
e. Mudah dibagi tanpa mengurangi nilainya (desibility). ,
f. Kualitasnya sama (uniformity).
g. Jumlahnya terbatas.

Sumber:

Royen, " Pengertian,Sejarah,dan Fungsi Mata Uang" . 15 September 2016. http://www.eventzero.org/pengertian-sejarah-dan-fungsi-mata-uang/

Eman Yusuf Saputra, "Fungsi Uang" . 14 April 2010. http://ekonomikelasx.blogspot.co.id/2010/04/fungsi-uang.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.