.

Senin, 17 April 2017

Masalah Perekonomian di Jambi

Abstract
Perekonomian wilayah kabupaten/kota tumbuh dengan adanya dorongan sektor basis yang menjadi penggerak utama bagi perekonomian wilayah tersebut. Disamping itu, perekonomian wilayah kabupaten/kota di Provinsi Jambi tidak dapat dilepaskan dari pergerakan ekonomi di wilayah kabupaten / kota lainnya.

Provinsi Jambi mampu mengejar ketertinggalan pembangunan ekonomi dari beberapa provinsi maju di Sumatera selama empat tahun belakangan. Hal tersebut nampak dari melesatnya laju pertumbuhan ekonomi daerah itu. Bahkan satu tahun belakangan, pertumbuhan ekonomi Jambi termasuk paling tinggi di Sumatera dan melampaui pertumbuhan ekonomi nasional.

“Pertumbuhan ekonomi Jambi beberapa tahun terakhir lebih baik dibandingkan beberapa daerah maju lainnya di Sumatera. Pertumbuhan ekonomi Jambi tahun 2014 mencapai 7,24%, lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional 5,11 %, Bila dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi seluruh provinsi di Sumatera, pertumbuhan ekonomi Jambi paling tinggi, ” kata Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 Provinsi Jambi di gedung DPRD Provinsi Jambi, Selasa (6/1).

Menurut Gubernur Jambi, berdasarkan ukuran Klassen tahun 2013, Provinsi Jambi masuk dalam kategori daerah yang cepat tumbuh ekonominya. Tiga tahun lalu, ekonomi Jambi masuk kategori sedang bertumbuh. Sedangkan saat ini, perekonomian Jambi masuk kategori maju. Kemajuan ekonomi Jambi tersebut tersermin juga dari peningkatan pendapatan domestik regional bruto Jambi (PDRB).

Tantangan

Kendati laju pertumbuhan ekonomi cukup cepat, kata Gubernur Jambi, tetapi daerah itu masih menghadapi tantangan berat di bidang pembangunan ekonomi. Sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2019, pemerintah pusat telah menetapkan pertumbuhan ekonomi Jambi harus mencapai 8,5 – 9,3 %. Kemudian berdasarkan RPJMN tersebut, Jambi juga harus mampu menurunkan angka kemiskinan 2,9 - 3,2 % dan menurunkan angka pengangguran 3,6 - 3,9 %.

“ Untuk mencapai target tersebut, Jambi terus memacu pembangunan sarana dan prasarana ekonomi untuk memajukan perdagangan internasional, peningkatan ekspor dan pembangunan pusat-pusat pertumbuhanekonomi. Salah satu di antaranya membangun pelabuhan laut Ujung Jabung di pantai timur Jambi serta pembangunan kawasan industri di sekitar pelabuhan tersebut, ”katanya.

Untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan mengentaskan kemiskinan tersebut, lanjut Gubernur Jambi pihaknya juga terus meningkatkan pembangunan jaringan infrastruktur jalan. Pembangunan jalan tersebut diharapkan mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah sentra produksi pertanian, perkebunan, perikanan dan pertambangan. Pembangunan jalan tersebut cukup berhasil mengurangi jalan rusak di daerah itu.

“Kondisi jalan yang baik dan sedang di Jambi tahun 2014 mencapai 1.125 km atau 74,82% dari 1.504 panjang jalan Provinsi Jambi. Kondisi ini meningkat jika dibandingkan jalan yang baik di Jambi tahun 2010 hanya 62,66%. Dalam Rencana Pembangunan jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jambi 2010 - 2015, target pembangunan jalan dengan kualitas  baik atau mantap di Jambi 99,76%,” paparnya.

 Sejumlah pelaku usaha karaoke mantap menatap 2016. Manajemen Masterpiece Jambi, misalnya. Di tahun ini menargetkan peningkatan pengunjung hingga capaian 40 persen.

Gambarannya jika tahun 2015 pengunjung per bulan mencapai 1500 orang maka tahun ini diharapkan menyentuh angka 2500 orang.
"Kalau bicara target, nyampai atau tidak ya kita usaha dulu," kata Asisten Manager Masterpiece Jambi Amar Kamil.

Dari sisi peningkatan pelayanan, Masterpiece sudah dapat diakses menggunakan aplikasi berbasis android. Sedangkan dari sisi tarif, potongan harga juga masih menjadi andalan karaoke keluarga yang berada di Komplek Ruko WTC ini.
Promo diberikan bagi pengguna kartu mahasiswa, BPJS dan kartu kredit. " Kita masih bermain dengan promo," kata Amar.
Karaoke keluarga berkapasitas 35 ruangan ini masih menyasar segmen pasar global yang menyasar ke semua kalangan. " Kebanyakan keluarga karena di sini kita benar-benar karaoke keluarga," tutup Amar.

Daftar Pustaka
http://sp.beritasatu.com/ekonomidanbisnis/pertumbuhan-ekonomi-jambi-paling-tinggi-di-sumatera/74214
http://jambi.tribunnews.com/2016/01/01/optimistis-bisa-tingkatkan-40-persen-pengunjung




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.