@A28-Herdikma
Oleh: Herdikma Muhammad
Abstrak
Pada dunia pasar dari zaman ke zaman
kita sangatlah akrab dengan yang namanya permintaan pelanggan dan tawar
menawar, pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang mekanisme
pasar. Mekanisme pasar bisa disebut juga sebagai proses penentuan tingkat harga
berdasarkan kekuatan permintaan dan penawaran. Mekanisme pasar terbagi menjadi
dua yaitu permintaan dan penawaran.
Kata kunci:
Mekanisme
pasar, permintaan, penawaran
A. PENDAHULUAN
Tujuan pelajaran ini adalah memahami bagaimana cara pasar
beroperasi, bagaimana menentukan harga dan bagaimana transaksi dapat terjadi.
Penggambaran dan penjelasan dua kekuatan pasar yaitu permintaan dan penawaran.
Mempelajari Titik Keseimbangan. Kemudian menawarkan Kesimpulan dan Pelaksanaan.
B. PERMASALAHAN
Pengertian dari mekanisme pasar?
Apa saja faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran?
C. PEMBAHASAN
Mekanisme pasar adalah suatu proses penentuan tingkat harga
berdasarkan dari kekuatan permintaan dan penawaran. Definisi mekanisme
pasar yang lainnya yaitu kecenderungan dalam pasar bebas untuk terjadinya
perubahan dari harga hingga pasar menjadi seimbang (jumlah yang penawaran sama
dengan jumlah permintaan). Mekanisme pasar terbagi dua, yaitu permintaan dan
penawaran.
Dibawah ini saya akan bahas pengertian dan faktor-faktor dari
permintaan dan penawaran.
Permintaan dalam konteks ekonomi didefinisikan sebagai jumlah maksimum suatu barang atau jasa yang dikehendaki seorang pembeli untuk dibelinya pada setiap kemungkinan harga dalam jangka waktu tertentu (Menurut jurnal ekonomi & pendidikan)
Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan:
-Harga dari
barang itu sendiri,
-Harga
barang yang terkait,
-Selera
ataupun kebiasaan,
-Tingkat
pendapatan perkapita,
-Jumlah
penduduk di daerah tersebut,
-Perkiraan
harga dimasa mendatang,
-Distribusi
pendapatan,
-Usaha-usaha
produsen meningkatkan penjualan.
Penawaran adalah keinginan dari produsen untuk
menawarkan atau menjual sejumlah barang pada berbagai macam tingkat harga
selama satu periode tertentu. (Menurut Buku Ilmu Pengantar Ekonomi)
Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi penawaran:
-Harga dari
barang itu sendiri,
-Harga
barang yang terkait,
-Harga
faktor produksi,
-Biaya dari
produksi barang,
-Teknologi
untuk memproduksi barang,
-Jumlah
penjual,
-Tujuan dari
perusahaan,
-Kebijakan
dari pemerintah.
D. KESIMPULAN
Permintaan dan penawaran sebenarnya saling berketerkaitan,
seseorang akan melakukan permintaan barang yang ia butuhkan, setelah ia melakukan permintaan lalu ia akan
melakukan penawaran pada barang tersebut untuk mendapatkan harga yang minimum.
Daftar
Pustaka:
Manurung, M.
& Rahardja, P. 2008.Pengantar Ilmu Ekonomi. LP-FEUI.Depok
Sora. 2015. Kenali Pengertian Mekanisme Pasar Secara Jelas. http://www.pengertianku.net/2015/04/pengertian-mekanisme-pasar.html (13-03-2017)
Anonim. 2017.
Permintaan dan Penawaran. http://www.peoi.org/Courses/Coursesba/mic/mic1.html (13-03-2017)
Rabbani,
Latifah. 2013. Mekanisme Pasar : Permintaan dan Penawaran. https://latipahrabbani3103.wordpress.com/2013/12/14/mekanisme-pasar-permintaan-dan-penawaran/ (12-03-2017)
Sholeh,
Maimum. 2007. PERMINTAAN DAN PENAWARAN TENAGA KERJA SERTA UPAH : TEORI SERTA
BEBERAPA POTRETNYA DI INDONESIA. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=6778&val=444&title=Permintaan%20dan%20Penawaran%20Tenaga%20Kerja%20serta%20Upah:%20Teori%20serta%20Beberapa%20Potretnya%20di%20Indonesia (13-03-2017)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.