.

Senin, 09 Mei 2016

Pengaruh (Jika Terjadi) Kenaikan Harga BBM Terhadap Konsumsi Masyarakat

Teori Konsumsi Keynes
  Menururt Keynes, pengeluaran konsumsi yang dilakukan oleh sektor rumah tangga dalam perekonomian tergantung dari besarnya pendapatan. Fungsi konsumsi Keynes adalah fungsi konsumsi jangka pendek. Keynes tidak mengeluarkan fungsi konsumsi jangka panjang karena menurut Keynes ” in the long run we’re all dead.”, bahwa di dalam jangka panjang, kita semua akan mati, sehingga jangka panjang tidak perlu diprediksi.


Teori Konsumsi Rahardja dan Manurung
Hubungan Antara Pendapatan Disposable dan Konsumsi Seperti penjelasan sebelumnya mengenai hubungan pendapatan disposable dengan konsumsi, Rahardja dan Manurung (2008) menjelaskan teori konsumsi Keynes adalah, konsumsi yang dilakukan saat ini sangat dipengaruhi oleh pendapatan disposable saat ini. Jika pendapatan disposable meningkat, maka konsumsi juga akan meningkat. Selanjutnya menurut Keynes ada batas konsumsi minimal yang tidak tergantung pada pendapatan. Artinya tingkat konsumsi itu harus dipenuhi, walaupun tingkat pendapatan sama dengan nol. Itulah yang disebut dengan konsumsi otonomus

          A.          Pengertian Konsumsi
            Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (1991), konsumsi adalah (1) pemakaian   barang- barang hasil produksi; (2) barang-barang yang langsung memenuhi   keperluan hidup manusia. Jadi dapat kita simpulkan   bahwa, konsumsi adalah pemakaian barang-barang yang langsung memenuhi keperluan hidup manusia.
           B.       BBM Bersubsidi
             BBM bersubsidi adalah bahan bakar minyak yang mendapat bantuan dari     pemerintah. Sedangkan BBM non subsidi tidak mendapat bantuan. Jadi missal harga BBM non subsidi adalah Rp. 9.500,-   maka   pemerintah   telah                            membantu Rp. 5.000,-  sehingga membuat   harga   BBM bersubsidi menjadi Rp. 4.500,-.
      C.  Penyebab Pemerintah ingin Menaikkan Harga BBM Bersubsidi
            Selain itu dari sekian data yang penulis dapat atas penyebab pemerintah ingin      menaikkan harga bbm bersubsidi, penulis dapat simpulkan menjadi 3 hal, antara lain :
·                              Bahwa sekarang Negara  Indonesia adalah negara pengekspor  dan pengimpor minyak mentah,  Harga minyak dunia terus-meneurs naik, sehingga membebani            APBN, Karena subsidi BBM selama ini tidak tepat sasaran.

D.   Dampak Kenaikkan BBM
Dampak yang ditimbulkan jika memang harga bbm bersubsidi naik dapat dilihat dari segipositif dan negatifnya, antara lain :
Positifnya  :
·        Naiknya harga bbm bersubsidi menyelamatkan APBN.
·        Mengurangi   dampak   kelangkaan   yang   kemungkinan   akan   terjadi   jika   bbm bersubsidi tidak dinaikkan.
·        Membuat masyarakat yang tadinya  menggunakan kendaraan pribadi sekarang beralih ke angkutan umum.
·        Mengurangi kemacetan, polusi, dsb.
Negatifnya :
·        Membuat rakyat semakin menjerit karena naiknya harga bbm bersubsidi.Jika  bbm  bersubsidi   naik,  maka   APBN  akan  selamat. 
·        Semakin terlihat kesenjangan secara sosial.

Sumber :
Manurung, Mandala, dan Rahardja, Prathama, 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Data Pokok APBN 2006-2012 Kementerian Keuangan Republik Indonesia.
Reksoprayitno, Soediyono. Ekonomi Makro: Analisa IS-LM dan Permintaan-Penawaran Agregatip. Edisi 3. Yogyakarta: Liberty.
Samuelson, P. A. & Nordhaus, W. D. 2001. Ilmu Makroekonomi. Edisi 17. (Gretta dkk). Jakarta: P.T. Media Global Edukasi.
Skousen, Mark. Sang Maestro “Teori-teori Ekonomi Modern”: Sejarah Pemikiran Ekonomi. (Tri Wibowo Budi Santoso). Jakarta: Prenada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.