Oleh : Ibrahim Hasan
ABSTRAK
Pasar yang terdiri dari banyak penjual dan banyak pembeli
dengan produk yang seragam atau serupa (uniform), tidak ada penjual ataupun
pembeli yang dapat mempengaruhi harga. (Menurut Simamora (2001:202)). Dalam
pasar persaingan monopolistic terdapat 2 macam permintaan, yaitu permintaan
yang dihadapi produsen, atau disebut permintaan konvensional (Dk), dan
permintaan yang dihadapi industry, atau disebut permintaan proporsional (Dp).
Kata kunci
: Pasar Monopolistik, Persaingan Pasar Sempurna.
Pasar Monopolistik adalah salah satu pasar yang dimana
terdapat banyak produsen yang
memproduksi atau menghasilkan barang serupa tetapi mempunyai perbedaan dalam
beberapa aspek. Penjual di pasar monopolistik tidak terbatas, tapi setiap
produk yang dihasilkan pasti mempunyai karakter tersendiri yang membedakannya
dengan produk-produk lainnya.
Seperti misalnya sabun mandi, shampo, pasta gigi, dan
sebagainya. Meskipun fungsi dari semua sabun mandi sama yaitu untuk
membersihkan badan, akan tetapi setiap produk yang dihasilkan oleh produsen
yang berbeda memiliki ciri yang khusus, seperti misalnya perbedaan wangi,
warna, kemasan, bentuk dan sebagainya. Atau ada juga definisi pasar
monopolistik yaitu pasar yang dimana terdapat banyak produsen atau perusahaan
yang menjual barang yang berbeda corak.
Di pasar persaingan monopolistik, harga bukanlah suatu faktor
yang dapat mendongkrak penjualan. Tapi bagaimana kemampuan produsen atau
perusahaan menciptakan citra yang baik di dalam benak konsumen atau masyarakat,
sehingga membuat mereka ingin membeli produk tersebut meskipun dengan harga
yang agak mahal. Oleh sebab itu, setiap perusahaan yang berada dalam pasar
monopolistik harus selalu aktif mempromosikan produknya sekaligus menjaga citra
perusahaannya.
A. Ciri-ciri pasar monopolistik
Berikut ini ciri dari pasar monopolistik, diantaranya
seperti:
1. Terdapat banyak produsen/penjual.
Pasar ini memang memiliki banyak produsen, tapi pasar ini
tidak memiliki produsen sebanyak pasar persaingan sempurna dan tidak ada satu
pun produsen yang memiliki skala produksi yang lebih besar dari pada produsen
lainnya.
2. Adanya diferensiasi produk.
Pasar ini menjual produk yang cenderung sama, tapi memiliki
banyak perbedaan khususnya dengan produk lain, seperti misalnya dari cara
pengemasan, bentuk dan sebagainya.
JENIS PERMINTAAN DALAM PERSAINGAN MONOPOLISTIK
Dalam pasar persaingan monopolistic terdapat 2 macam
permintaan, yaitu permintaan yang dihadapi produsen, atau disebut permintaan
konvensional (Dk), dan permintaan yang dihadapi industry, atau disebut
permintaan proporsional (Dp). Kurva kedua permintaan tersebut berlereng
negative, sebagai akibat adanya kemampuan produsen dalam mempengaruhi harga.
Namun demikian kurva kedua perminaan tersebut mempunyai kemiringan yang
berbeda. Kurva permintaan konvensional lebih datar daripada kurva permintaan
proporsional. Hal ni menunjukkan bahwa kurva permintaan konvensional lebih
elastic daripada kurva permintaan proporsional.
Kurva
permintaan konvensional merupakan permintaan yang diharapkan oleh produsen
apabila ia menurunkan harganya dengan anggapan tidak ada produsen lain yang
ikut menurunkan harga atau tidak ada produsen lain yang memasuki pasar,
sedangkan kurva permintaan proporsional merupakan penjualan actual yang dapat
dicapai sebagai akibat dari penurunan
harga.
Struktur Pasar : Persaingan Monopoli
•
Monopolistic competition menyerupai persaingan dan monopoli
• Menyerupai persaingan sempurna :
– masuk dan keluar (entry and exit) dalam industri tidak dibatasi,
– banyak perusahaan,
• bedanya :
– perusahaan tidak memproduksi barang yang homogen, tapi
barangnya heterogen atau differentiated.
Karakteristik Pasar
Persaingan Sempurna
Beberapa karakteristik agar sebuh pasar dapat dikatakn
persaingan sempurna:
- Semua perusahaan memproduksi barang yang homogen
(homogeneous product)
- Produsen dan konsumen memiliki pengetahuan / informasi
sempurna (perfect knowledge)
- Output sebuah perusahaan relative kecil dibanding output
pasar (small relatively output)
- Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar (price
taker)
- Semua perusahaan bebas masuk dan keluar pasar (free entry
and exit)
Daftar Pustaka
Sora.N.
Rabu, 08 April 2015 Pengertian Pasar Monopolistik dan Ciri-ciri Terlengkapnya.
Senin, 10
April 2017 (diakses dari internet) Ekonomi Mahasiswa. Makalah Struktur Pasar :
Persaingan Monopolistik.
Abd Jamal,
S.E.,M,Si. Persaingan Monopolistik dan Oligopoli. Senin, 10 April 2017,
Senin, 10
April 2017 (diakses dari internet) Karakteristik Pasar Persaingan Sempurna,
Jurnal Finance.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.