.

Selasa, 11 April 2017

Persaingan Monopolistik !!!

Oleh : Ibrahim Hasan
           
41616010079
ABSTRAK
Pasar yang terdiri dari banyak penjual dan banyak pembeli dengan produk yang seragam atau serupa (uniform), tidak ada penjual ataupun pembeli yang dapat mempengaruhi harga. (Menurut Simamora (2001:202)). Dalam pasar persaingan monopolistic terdapat 2 macam permintaan, yaitu permintaan yang dihadapi produsen, atau disebut permintaan konvensional (Dk), dan permintaan yang dihadapi industry, atau disebut permintaan proporsional (Dp).

Kata kunci : Pasar Monopolistik, Persaingan Pasar Sempurna.

Pasar Monopolistik adalah salah satu pasar yang dimana terdapat banyak produsen  yang memproduksi atau menghasilkan barang serupa tetapi mempunyai perbedaan dalam beberapa aspek. Penjual di pasar monopolistik tidak terbatas, tapi setiap produk yang dihasilkan pasti mempunyai karakter tersendiri yang membedakannya dengan produk-produk lainnya.

Seperti misalnya sabun mandi, shampo, pasta gigi, dan sebagainya. Meskipun fungsi dari semua sabun mandi sama yaitu untuk membersihkan badan, akan tetapi setiap produk yang dihasilkan oleh produsen yang berbeda memiliki ciri yang khusus, seperti misalnya perbedaan wangi, warna, kemasan, bentuk dan sebagainya. Atau ada juga definisi pasar monopolistik yaitu pasar yang dimana terdapat banyak produsen atau perusahaan yang menjual barang yang berbeda corak.

Di pasar persaingan monopolistik, harga bukanlah suatu faktor yang dapat mendongkrak penjualan. Tapi bagaimana kemampuan produsen atau perusahaan menciptakan citra yang baik di dalam benak konsumen atau masyarakat, sehingga membuat mereka ingin membeli produk tersebut meskipun dengan harga yang agak mahal. Oleh sebab itu, setiap perusahaan yang berada dalam pasar monopolistik harus selalu aktif mempromosikan produknya sekaligus menjaga citra perusahaannya.

A. Ciri-ciri pasar monopolistik

Berikut ini ciri dari pasar monopolistik, diantaranya seperti:

1. Terdapat banyak produsen/penjual.

Pasar ini memang memiliki banyak produsen, tapi pasar ini tidak memiliki produsen sebanyak pasar persaingan sempurna dan tidak ada satu pun produsen yang memiliki skala produksi yang lebih besar dari pada produsen lainnya.

2. Adanya diferensiasi produk.

Pasar ini menjual produk yang cenderung sama, tapi memiliki banyak perbedaan khususnya dengan produk lain, seperti misalnya dari cara pengemasan, bentuk dan sebagainya.

JENIS PERMINTAAN  DALAM PERSAINGAN MONOPOLISTIK

Dalam pasar persaingan monopolistic terdapat 2 macam permintaan, yaitu permintaan yang dihadapi produsen, atau disebut permintaan konvensional (Dk), dan permintaan yang dihadapi industry, atau disebut permintaan proporsional (Dp). Kurva kedua permintaan tersebut berlereng negative, sebagai akibat adanya kemampuan produsen dalam mempengaruhi harga. Namun demikian kurva kedua perminaan tersebut mempunyai kemiringan yang berbeda. Kurva permintaan konvensional lebih datar daripada kurva permintaan proporsional. Hal ni menunjukkan bahwa kurva permintaan konvensional lebih elastic daripada kurva permintaan proporsional.

            Kurva permintaan konvensional merupakan permintaan yang diharapkan oleh produsen apabila ia menurunkan harganya dengan anggapan tidak ada produsen lain yang ikut menurunkan harga atau tidak ada produsen lain yang memasuki pasar, sedangkan kurva permintaan proporsional merupakan penjualan actual yang dapat dicapai sebagai akibat dari penurunan harga.      

Struktur Pasar : Persaingan Monopoli
• Monopolistic competition         menyerupai persaingan dan monopoli
• Menyerupai persaingan sempurna :
– masuk dan keluar (entry and exit) dalam industri tidak dibatasi,
– banyak perusahaan,
• bedanya :
– perusahaan tidak memproduksi barang yang  homogen, tapi barangnya heterogen atau differentiated.
Karakteristik Pasar Persaingan Sempurna

Beberapa karakteristik agar sebuh pasar dapat dikatakn persaingan sempurna:
- Semua perusahaan memproduksi barang yang homogen (homogeneous product)
- Produsen dan konsumen memiliki pengetahuan / informasi sempurna (perfect knowledge)
- Output sebuah perusahaan relative kecil dibanding output pasar (small relatively output)
- Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar (price taker)
- Semua perusahaan bebas masuk dan keluar pasar (free entry and exit)




Daftar Pustaka
Sora.N. Rabu, 08 April 2015 Pengertian Pasar Monopolistik dan Ciri-ciri Terlengkapnya.

Senin, 10 April 2017 (diakses dari internet) Ekonomi Mahasiswa. Makalah Struktur Pasar : Persaingan Monopolistik.

Abd Jamal, S.E.,M,Si. Persaingan Monopolistik dan Oligopoli. Senin, 10 April 2017,

Senin, 10 April 2017 (diakses dari internet) Karakteristik Pasar Persaingan Sempurna, Jurnal Finance.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.