.

Minggu, 09 April 2017

Apa Itu Pasar Monopoli ?

@A10-Rona

Oleh : Rona Tasya Oktaviani
       
Abstrak
Monopoli (dari bahasa Yunani: monos, satu + polein, menjual) adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.
Faktor yang menyebabkan terjadinya pasar monopoli adalah Perusahaan monopoli yang hanya memiliki suatu sumber daya tertentu yang unik dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain. Salah satu ciri pasar monopoli adalah dalam pasar monopoli hanya terdapat satu penjual saja.
Kata Kunci : Monopoli, Faktor terjadinya pasar monopoli

Pendahuluan
Pasar merupakan tulang punggung perekonomian masyarakat, baik masyarakat yang berada dikalangan kelas bawah ataupun masyarakat yang berada di kalangan kelas atas. Semua unsur yang berkaitan dengan hal ekonomi berada di pasar mulai dari unsur produksi, distribusi, ataupun unsur konsumsi. Telah kita ketahui bahwa pasar membawa pengaruh yang sengat besar sekali bagi perubahan zaman yang sudah mencapai puncak kepesatannya. Seiring dengan bergulirnya waktu dan perubahan dunia pasar juga ikut berubah terbawa arus perubahan dunia yang senakin maju saja. Hal ini dapat kita lihat dengan perkembangan teknologi yang sudah sangat maju sekali.
Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan pasar monopoli ?
2.      Bagaimana ciri-ciri pasar monopoli ?
3.      Apa Faktor yang dapat menimbulkan pasar monopoli ?
4.      Apa kelemahan dan kelebihan dari pasar monopoli ?

Pembahasan

A.    Pengetian Pasar Monopoli
Pasar monopoli (dari bahasa Yunani: monos, satu + polein, menjual) adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai "monopolis". Sebagai penentu harga (price-maker), seorang monopolis dapat menaikan atau mengurangi harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi; semakin sedikit barang yang diproduksi, semakin mahal harga barang tersebut, begitu pula sebaliknya.
Konsep Pasar Monopoli, pasar monopoli timbul akibat adanya praktek monopoli, yaitu pemusatan kekuatan ekonomi oleh satu pelaku usaha/penjual yang mengakibatkan dikuasainya produksi dan atau pemasaran atas barang dan jasa tertentu sehingga menimbulkan persaingan usaha tidak sehat dan dapat merugikan kepentingan umum. Berarti yang dimaksud dengan pasar monopoli adalah suatu bentuk hubungan antara permintaan dan penawaran yang dikuasai oleh satu pelaku ekonomi terhadap permintaan seluruh konsumen.
Pasar Monopoli juga dapat disebut sebagai salah satu bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek. Penjual pada pasar monopolistik tidak terbatas, namun setiap produk yang dihasilkan pasti memiliki karakter tersendiri yang membedakannya dengan produk lainnya. Contohnya adalah : shampoo, pasta gigi, kosmetik, dll. Meskipun fungsi semua shampoo sama yakni untuk membersihkan rambut, tetapi setiap produk yang dihasilkan produsen yang berbeda memiliki ciri khusus, misalnya perbedaan aroma, perbedaan warna, kemasan, dan lain-lain.

B.     Ciri – ciri Pasar Monopoli
1.      Dalam pasar monopoli hanya terdapat satu penjual saja.
2.      Barang atau jasa yang dihasilkan hanya dapat dibeli dipasar monopoli dan tidak terdapat ditempat lain.
3.      Adanya Diferensiasi Produk. Pasar ini menawarkan produk yang cenderung sama, namun memiliki perbedaan-perbedaan khusus dengan produk lainnya, misalnya dari cara pengemasan, pelayanan yang diberikan dan cara pembayaran.
4.      Promosi penjualan harus aktif. Pada pasar ini harga bukan merupakan pendongkrak jumlah konsumen, melainkan kemampuan perusahaan menciptakan citra baik dimata konsumen, sehingga dapat menimbulkan fanatisme terhadap produk. Karenanya, iklan dan promosi memiliki peran penting dalam merebut dan mempertahankan konsumen.
5.      Barang yang diproduksi atau dijual tidak terdapat barang penggantinya.
6.      Terdapat hambatan atau rintangan (barries) bagi perusahaan baru yang akan masuk ke dalam pasar monopoli.
7.      Pelaku pasar monopoli dapat menentukan harga barang sesuai harga barang keinginannya.

C.     Faktor Yang Dapat Menimbulkan Pasar Monopoli
1.      Perusahaan monopoli hanya memiliki suatu sumber daya tertentu yang unik dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain.
2.      Perusahaan monopoli pada umumnya dapat menikmati skala ekonomi hingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi.
3.      Monopoli wujud dan berkembang melalui undang-undang, yaitu pemerintah memberi hak monopoli kepada perusahaan tersebut.
D.    Kelebihan dan Kelemahan Pasar Monopoli

·         Kelebihan
o    Pasar monopoli selalu melakukan inovasi untuk tetap bisa bertahan
o    Pasar monopoli mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk
o    Pasar monopoli bisa meningkatkan daya saing jika diperoleh karena kemampuan efisiensi
o    Pasar monopoli dapat dengan meudah mengontrol orang banyak jika monopoli dilakukan Negara

·         Kelemahan
o    Adanya ketidakadilan karena keuntungan banyak dinikamti oleh produsen
o    Tidak efisiensinya biaya produksi, karena perusahaan monopoli tidak memanfaatkan secara penuh penghematan ongkos produksi atau sering disebut timbulnya pemborosan.
o    Konsumen merasa berat karena harus membeli barang dengan harga tinggi
o    Adanya unsur eksploitasi terhadap konsumen dan pemiliki faktor produksi.


DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 2015. Pengertian Pasar Monopol Ciri-ciri dan Contohnya. http://www.berpendidikan.com/2015/09/pengertian-pasar-monopoli-ciri-ciri-dan-contohnya.html ( Diakses : 3 September 2015 )

Amril. 2013. Komparasi efisiensi pasar, keragaman harga, surplus pembeli-penjual pada pasar persaingan sempurna dan pasar monopoli (suatu aplikasi metode ekonomi percobaan). Jurnal Penelitian Universitas Jambi: Seri Humaniora  Vol 15, No 2 (2013).

Anonim. 2016. Pasar Monopoli – Jenis, Ciri-ciri, Kelebihan dan Kekurangan. http://dosenekonomi.com/ilmu-ekonomi/publik/pasar-monopoli ( Diakses : 6 Desember 2016 ).


Anonim. 2016. Pengertian Pasar Monopoli, Ciri-Ciri, Macam-Macam dan Contoh Pasar Monopoli Terlengkap. http://www.pelajaransekolahonline.com/2016/23/pengertian-pasar-monopoli-ciri-ciri-macam-macam-dan-contoh.html ( Diakses : 23 November 2016 )

                                                                                                







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.