Oleh : Rona Tasya Oktaviani
Abstrak
Monopoli (dari bahasa Yunani: monos, satu + polein, menjual)
adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai
pasar.
Faktor yang menyebabkan terjadinya pasar monopoli adalah Perusahaan monopoli yang hanya memiliki suatu sumber daya tertentu yang unik dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain. Salah satu ciri pasar monopoli adalah dalam pasar monopoli hanya terdapat satu penjual saja.
Kata Kunci : Monopoli, Faktor terjadinya pasar monopoli
Faktor yang menyebabkan terjadinya pasar monopoli adalah Perusahaan monopoli yang hanya memiliki suatu sumber daya tertentu yang unik dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain. Salah satu ciri pasar monopoli adalah dalam pasar monopoli hanya terdapat satu penjual saja.
Kata Kunci : Monopoli, Faktor terjadinya pasar monopoli
Pendahuluan
Pasar merupakan tulang
punggung perekonomian masyarakat, baik masyarakat yang berada dikalangan kelas
bawah ataupun masyarakat yang berada di kalangan kelas atas. Semua unsur yang
berkaitan dengan hal ekonomi berada di pasar mulai dari unsur produksi,
distribusi, ataupun unsur konsumsi. Telah kita ketahui bahwa pasar membawa
pengaruh yang sengat besar sekali bagi perubahan zaman yang sudah mencapai
puncak kepesatannya. Seiring dengan bergulirnya waktu dan perubahan dunia pasar
juga ikut berubah terbawa arus perubahan dunia yang senakin maju saja. Hal ini
dapat kita lihat dengan perkembangan teknologi yang sudah sangat maju sekali.
Rumusan Masalah
1. Apa
yang dimaksud dengan pasar monopoli ?
2. Bagaimana
ciri-ciri pasar monopoli ?
3. Apa
Faktor yang dapat menimbulkan pasar monopoli ?
4. Apa
kelemahan dan kelebihan dari pasar monopoli ?
Pembahasan
A. Pengetian
Pasar Monopoli
Pasar monopoli (dari bahasa Yunani:
monos, satu + polein, menjual) adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat
satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang
penjual atau sering disebut sebagai "monopolis". Sebagai penentu
harga (price-maker), seorang monopolis dapat menaikan atau mengurangi harga
dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi; semakin sedikit
barang yang diproduksi, semakin mahal harga barang tersebut, begitu pula sebaliknya.
Konsep
Pasar Monopoli, pasar monopoli timbul akibat adanya praktek monopoli, yaitu
pemusatan kekuatan ekonomi oleh satu pelaku usaha/penjual yang mengakibatkan
dikuasainya produksi dan atau pemasaran atas barang dan jasa tertentu sehingga
menimbulkan persaingan usaha tidak sehat dan dapat merugikan kepentingan umum. Berarti
yang dimaksud dengan pasar monopoli adalah suatu bentuk hubungan antara
permintaan dan penawaran yang dikuasai oleh satu pelaku ekonomi terhadap
permintaan seluruh konsumen.
Pasar Monopoli juga dapat disebut sebagai salah satu
bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa
tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek. Penjual pada pasar monopolistik
tidak terbatas, namun setiap produk yang dihasilkan pasti memiliki karakter
tersendiri yang membedakannya dengan produk lainnya. Contohnya adalah :
shampoo, pasta gigi, kosmetik, dll. Meskipun fungsi semua shampoo sama yakni
untuk membersihkan rambut, tetapi setiap produk yang dihasilkan produsen yang
berbeda memiliki ciri khusus, misalnya perbedaan aroma, perbedaan warna,
kemasan, dan lain-lain.
B. Ciri
– ciri Pasar Monopoli
1. Dalam pasar monopoli hanya terdapat
satu penjual saja.
2. Barang atau jasa yang dihasilkan
hanya dapat dibeli dipasar monopoli dan tidak terdapat ditempat lain.
3. Adanya
Diferensiasi Produk. Pasar ini menawarkan produk yang cenderung sama, namun
memiliki perbedaan-perbedaan khusus dengan produk lainnya, misalnya dari cara
pengemasan, pelayanan yang diberikan dan cara pembayaran.
4. Promosi
penjualan harus aktif. Pada pasar ini harga bukan merupakan pendongkrak jumlah
konsumen, melainkan kemampuan perusahaan menciptakan citra baik dimata
konsumen, sehingga dapat menimbulkan fanatisme terhadap produk. Karenanya,
iklan dan promosi memiliki peran penting dalam merebut dan mempertahankan
konsumen.
5. Barang yang diproduksi atau dijual
tidak terdapat barang penggantinya.
6. Terdapat hambatan atau rintangan (barries) bagi
perusahaan baru yang akan masuk ke dalam pasar monopoli.
7. Pelaku pasar monopoli dapat menentukan
harga barang sesuai harga barang keinginannya.
C. Faktor
Yang Dapat Menimbulkan Pasar Monopoli
1. Perusahaan monopoli hanya memiliki
suatu sumber daya tertentu yang unik dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain.
2. Perusahaan monopoli pada umumnya
dapat menikmati skala ekonomi hingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi.
3. Monopoli wujud dan berkembang
melalui undang-undang, yaitu pemerintah memberi hak monopoli kepada perusahaan
tersebut.
D. Kelebihan
dan Kelemahan Pasar Monopoli
·
Kelebihan
o Pasar monopoli selalu melakukan
inovasi untuk tetap bisa bertahan
o Pasar monopoli mampu melakukan
penelitian dan pengembangan produk
o Pasar monopoli bisa meningkatkan
daya saing jika diperoleh karena kemampuan efisiensi
o Pasar monopoli dapat dengan meudah
mengontrol orang banyak jika monopoli dilakukan Negara
·
Kelemahan
o Adanya ketidakadilan karena
keuntungan banyak dinikamti oleh produsen
o Tidak efisiensinya biaya produksi,
karena perusahaan monopoli tidak memanfaatkan secara penuh penghematan ongkos
produksi atau sering disebut timbulnya pemborosan.
o Konsumen merasa berat karena harus
membeli barang dengan harga tinggi
o Adanya unsur eksploitasi terhadap
konsumen dan pemiliki faktor produksi.
DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2015.
Pengertian Pasar Monopol Ciri-ciri dan Contohnya. http://www.berpendidikan.com/2015/09/pengertian-pasar-monopoli-ciri-ciri-dan-contohnya.html
( Diakses : 3 September 2015 )
Amril. 2013. Komparasi efisiensi pasar,
keragaman harga, surplus pembeli-penjual pada pasar persaingan sempurna dan
pasar monopoli (suatu aplikasi metode ekonomi percobaan). Jurnal
Penelitian Universitas Jambi: Seri Humaniora
Vol 15, No 2 (2013).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.