Oleh : Dimas Abimanyu
Abstrak
Tidak
bisa dipungkiri bahwa kenaikan beberapa bahan-bahan pokok yang ada di pasar
saat ini memberikan dampak yang cukup besar terhadap masyarakat yang ekonominya
berada di tingkat menengah ke bawah. Hal inilah yang menjadi alasan pentingnya masyarakat
mengetahui dan paham apa yang disebut mekanisme pasar.
Kata kunci ; Mekanisme pasar, penawaran,
permintaan
Pendahuluan
Pengetahuan
tentang mekanisme pasar menjadi tolak ukur bagi masyarakat dalam memahami
kenaikan beberapa harga kebutuhan yang ada di pasar saat ini. Di dalam
mekanisme pasar itu sendiri ada beberapa unsure yang perlu untuk kita ketahui
yaitu penawaran, dan permintaan.
Permasalahan
1. Apa
yang disebut mekanisme pasar ?
2. Pengaruh
penawaran dan permintaan terhadap harga suatu komoditas.
3. Peran
pemerintah dalam mengatasi kenaikan harga di pasar.
Pembahasan
I.
Pengertian Mekanisme Pasar.
Menurut Hasanxch “Mekanisme
pasar adalah kecenderungan dalam pasar bebas untuk terjadinya perubahan harga
sampai pasar menjadi seimbang(jumlah yang ditawarkan sama dengan jumlah yang
diminta)”. Karena mekanisme pasar yang berbeda, harga pasar yang tercapai
pun menjadi berbeda - beda. Kadang - kadang harga yang terbentuk di pasar bisa
menyebabkan kerugian bagi konsumen atau bahkan kerugian bagi produsen juga.
Oleh karena itu, pemerintah dalam batas-batas tertentu terkadang perlu
melakukan intervensi dalam pembentukan harga dengan tujuan harga yang terbentuk
tidak akan merugikan konsumen maupun produsen.
II.
Permintaan dan Penawaran.
Permintaan adalah
keinginan konsumen membeli suatu barang pada berbagai tingkat harga selama periode
waktu tertentu. Misalnya berapa jumlah pakaian yang akan di beli di Jakarta pada
satu periode tertentu, bulan ataupun tahun. Beberapa factor yang mempengaruhi permintaan
antara lain :
a. Harga
barang itu sendiri.
b. Harga
barang lain yang terkait.
c. Tingkat
pendapatan per kapita.
d. Selera
atau kebiasaan
e. Jumlah
penduduk
f. Perkiraan
harga di masa mendatang.
g. Distribusi
pendapatan.
h. Usaha-usaha
produsen meningkatkan penjualan.
Hukum permintaan yaitu “Semakin
turun tingkat harga, maka semakin banyak jumlah barang yang tersedia diminta,
dan sebaliknya semakin naik tingkat harga semakin sedikit jumlah barang yang
bersedia diminta.”
Sedangkan pengertian
penawaran adalah jumlah barang yang ingin produsen tawarkan (jual) pada
berbagai tingkat harga selama periode waktu tertentu. Ada beberapa factor yang
mempengaruhi suatu penawaran, factor- factor tersebuat adalah :
a. Harga
barang itu sendiri.
b. Harga
barang lain yang terkait.
c. Harga
factor produksi.
d. Biaya
produksi.
e. Teknologi
produksi.
f. Jumlah
pedagang atau penjual.
g. Kebijakan
pemerintah.
Hukum penawaran itu sendiri berbunyi “Semakin tingi harga, semakin banyak jumlah
barang yang bersedia ditawarkan. Sebaliknya, semakin rendah tingkat harga,
semakin sedikit jumlah barang yang bersedia ditwarkan.”
III.
Intervensi Pemerintah.
Kegagalan pasar seringkali menuntut campur tangan
(intervensi) pemerintah. Namun yang harus diperhatikan adalah tidak semua
campur tangan pemerintah memberikan hasil yang baik, walaupun tujuannya baik. Tujuan
dilakukannya campur tangan pemerintah adalah sebagai berikut.
·
Menjamin agar kesamaan hak bagi setiap
individu dapat tetap terwujud dan
eksploitasi dapat dihindarkan
·
Menjaga agar perekonomian dapat tumbuh
dan mengalami perkembangan yang teratur dan stabil.
·
Mengawasi kegiatan kegiatan perusahaan,
terutama perusahaan-perusahaan besar yang dapat mempengaruhi pasar, agar mereka
tidak menjalankan praktik-praktik monopoli yang merugikan.
Dari beberapa tujuan di atas, dibutuhkan beberapa
langkah yang dilakukan pemerintah agar tujuan yang diinginkan bisa terlaksana,
beberapa langkah yang biasanya dilakukan
pemerintah antara lain ;
1. Kontrol
Harga.
a. Harga
Dasar (floor price).
b. Harga
tertinggi (ceiling price).
c. Kuota.
2. Pajak
dan Subsidi.
3. Tarif
dan kuota.
Kesimpulan
Dari
berbagai pernyataan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa kenaikan beberapa
harga barang yang ada di pasar saat ini merupakan hasil dari sebuah mekanisme
pasar, Dimana jumlah barang yang tersedia tidak seimbang dengan jumlah
permintaan yang ada. Hal ini harus segera diatasi oleh pemerintah agar dapat
terwujud apa yang dinamakan harga keseimbangan, yaitu permintaan sama dengan
penawaran.
Daftar Pustaka ;
·
Raharja. P dan M. Manurung 2008.
Pengantar Ilmu Ekonomi LPFEUI. Jakarta
·
http://hasanxch.blogspot.co.id/2016/06/pengertian-mekanisme-pasar.html (diakses 12 maret 2017)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.