.

Senin, 06 Maret 2017

Ilmu Ekonomi

Oleh : Aulia Silviani Affif

PENGERTIAN
Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas. Permasalahan itu kemudian menyebabkan timbulnya kelangkaan.
Kata “ekonomi” sendiri berasal dari kata Yunani (oikos) yang berarti “keluarga, rumah tangga” dan (nomos), atau “peraturan, aturan, hukum,” dan secara garis besar diartikan sebagai “aturan rumah tangga” atau “manajemen rumah tangga.” Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja.


ALASAN MANUSIA MEMPELAJARI ILMU EKONOMI
1. Pemenuhan Kebutuhan Ekonomi
Semua manusia pasti akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan ekonominya, misalnya saja tukang sayur yang lewat didepan rumah, apabila di berjualan di dalam kompleks perumahan harga yang diberikan pasti lebih tinggi daripa dia berjualan ke kampung-kampung. Contoh tersebut dalam kasus ekonomi disebut diskriminatif harga, penjual memberikan harga yang berbeda kesetiap konsumen. Dalam hal ini penjual tidak akan mengalami kerugian.

2. Ilmu Ekonomi Bermanfaat Untuk Mengatur Daerah
Dalam suatu daerah baik daerah kecil ataupun suatu negara, ilmu ekonomi berperan sangat penting salah satunya adalah untuk meningkatkan taraf hidup sumber daya manusia. Misalnya saja, pemerintah memberikan harga tinggi ketika kebutuhan meningkat seperti musim mudik harga tiket kereta api/pesawat akan naik hingga 100%.

3. Ilmu Ekonomi Mengatur Kebutuhan Pokok Sosial
Ketika bahan pokok sedang naik, kita kadang kebingungan antara membeli atau tidak. Tapi akhirnya kita membeli karena barang tersebut merupakan bahan pokok, maka anda tidak salah.

4. Mengatur Skala Prioritas Kebutuhan Hidup
Apabila kita mempelajari ilmu ekonomi, maka kita akan mengerti skala prioritas kebutuhan. Mana barang yang benar-benar dibutuhkan dan barang yang hanya diinginkan, sehingga kita terhidar dari seifat boros dalam berbelanja.


MASALAH POKOK EKONOMI
·        1.  Konsumsi,  setiap kebutuhan manusia atau masyarakat didesak oleh kebutuhan-kebutuhan atau keinginannya dalam menentukan jenis barang-barang dan jasa yang hendak digunakan atau dikonsumsi.
·         2. Produksi, masalah produksi berkaitan erat dengan produk (barang dan jasa) apa yang akan diproduksi, untuk siapa barang tersebut diproduksi, menggunakan berapa tenaga kerja. Dalam kegiatan produksi, tidak terlepas dari cara penggunaan bahan mentah, peralatan (modal), tenaga kerja, dan teknologi yang menentukan kapasitas produksi atau kemampuan memproduksi barang dan jasa.
·         3. Distribusi, msalah distribusi adalah bagaimana menyalurkan barang dan jasa dari produsen sampai ke konsumen serta saluran distribusi apa yang akan digunakan. misalnya lewat distributor, agen, atau saluran lainnya
·         4. Pertumbuhan, masalah pertumbuhan ekonomi menyangkut bertambahnya pendapatan nasional, di antaranya bertambahnya pendapatan/ masyarakat. Pertumbuhan juga berkaitan erat dengan kelangsungan hidup manusia. Pokok masalahnya adalah bagaimana kehidupan ekonomi berjalan terus menerus dengan sumber daya alam yang semakin berkurang, sementara pertambahan penduduk dan kebutuhan masyarakat terus meningkat.


RUANG LINGKUP EKONOMI
1    1.  Ekonomi Mikro adalah bagian dari ilmu ekonomi yang fungsinya untuk menganalisa bagian-bagian kecil dari keseluruhan kegiatan perekonomian (dalam lingkup yang kecil)seperti harga,biaya produksi,perilaku konsumen,perilaku produsen,teori produksi,penawaran,permintaan,elastisitas dan lain sebagainya
2    2. Ekonomi Makro adalah cabang dari bidang ilmu ekonomi yang menganalisis kegiatan  perekonomian secara keseluruhan (dalam lingkup yang  luas) dan mengkaji seluruh  masalah yang ada dalam satu sistem ekonomi,seperti inflasi,pengangguran,pendapatan nasional,investasi,kesempatan kerja,kebijakan moneter,kebijakan fiskal,neraca,pembayaran dan pertumbuhan ekonomi,dsb.Analisisnya tidak rinci seperti pada ekonomi mikro,namun lebih kepada bersifat umum.


METODE YANG DIGUNAKAN DALAM ILMU EKONOMI

1. Metode induktif
Metode pengambilan kesimpulan dan keputusan yang dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi yang ada berkaitan dengan peritiwa ekonomi.

2. Metode deduktif
Metode ilmu ekonomi yang dilakukan berdasarkan ketentuan atau prinsip umum untuk menetapkan solusi yang tepat dari suatu masalah ekonomi.

3. Metode matematika
Metode penyelesaian masalah ekonomi melalui pemecahan soal-soal matematis.

4. Metode statistika
Metode penyelesaian masalah ekonomi melalui pengolahan, penjajian dan penafsiran data secara statistik.


KESIMPULAN
Masalah adalah kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Jadi, semakin banyak kita memiliki harapan, semakin banyak pula harapan yang mungkin tidak terkabul. Hal inilah yang menimbulkan masalah ekonomi yaitu kebutuhan manusia tidak ada batasnya sedangkan alat pemuas kebutuhan sangat terbatas. Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dan selalu mengalami perkembangan baik banyaknya maupun besarnya. Untuk memenuhi kebutuhan manusia tersebut perlu adanya alat pemuas kebutuhan baik barang maupun jasa. Barang dan jasa juga mengalami kelangkaan karena jumlahnya yang sangat sedikit dak tidak sebanding dengan kebutuhan manusia itu sendiri.

Permasalahan pokok ekonomi saat ini yaitu berkaitan dengan kosumsi, produksi dan distribusi. Pokok masalahnya adalah bagaimana kehidupan ekonomi berjalan terus menerus dengan sumber daya alam yang semakin berkurang, sementara pertambahan penduduk dan kebutuhan masyarakat terus meningkat.

DAFTAR PUSTAKA
1.      1. Gurumonica. 2016. Alasan manusia mempelajari ilmu ekonomi http://gurupintar.com/threads/sebutkan-4-alasan-manusia-mempelajari-ilmu-ekonomi.1740/ (diakses 12 Februari 2016)
2.      2. Reda, Rejeki. 2012. Definisi ilmu ekonomi dan masalah ekonomi http://rejekireda.blogspot.co.id/2012/11/definisi-ilmu-ekonomi-dan-masalah-pokok.html (diakses 23 November 2012)
3.      3. Pradipta, Aditya, Juniarto. 2015. Beberapa manfaat belajar ilmu ekonomi http://www.belonomi.com/2015/05/beberapa-manfaat-belajar-ilmu-ekonomi.html (diakses 05 2015) 
4.      4. Anonim, 2016. Pengertian ilmu ekonomi pembagian ruang lingkup ekonomi perbedaan ekonomi makro dan ekonomi mikro http://www.edukasinesia.com/2016/04/pengertian-ilmu-ekonomi-pembagian-ruang-lingkup-ekonomi-perbedaan-ekonomi-makro-dan-ekonomi-mikro.html
5.      5. Anonim, 2016. Pengertian pembagian dan metodologi ilmu ekonomi http://www.mahkotasains.com/2016/10/pengertian-pembagian-dan-metodologi-ilmu-ekonomi.html
6.      6. Noberti, Suwenti. 2015. Makalah permasalahan pokok ekonomi http://nobertisuwenti27.blogspot.co.id/2015/06/makalah-permasalahan-pokok-ekonomi.html (diakses 05 Agustus 2015)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.