.

Selasa, 07 Maret 2017

Ilmu Ekonomi dalam Kehidupan

@ A15-Trisca 

Oleh: Trisca Kharisma Agatha

Ilmu Ekonomi hearts Kehidupan
  Ilmu Ekonomi Sering dikaitkan dengan uang. Kalau mengatur uang harus bisa mengatur dan memiliki uang. Padahal seorang sarjana ekonomi tidak harus kaya dan belum tentu bisa hidup hemat. Uang memang dipelajari dari Ilmu Ekonomi tetapi bukan satu-satunya materi studi menjabarkan bahkan uang hanya sebagian kecil materi studi ilmu ekonomi.


  Pengertian Ilmu Ekonomi, masalah-masalah ilmu ekonomi, Manfaat ilmu ekonomi, Alasan mengapa harus mempelajari ilmu ekonomi.

Pengertian ilmu ekonomi
Ilmu ekonomi bisa dirumuskan sebagai ilmu memilih (studi pilihan,) karena mempelajari perilaku manusia untuk menentukan pilihannya.
Definisi Beroperasi rinci: Ilmu Ekonomi mempelajari perilaku individu masyarakat dan dapat menentukan pilihan untuk melihat kembali fungsi sumber daya yang langka (dengan dan tanpa uang), dengan upaya meningkatkan kualitas hidupnya.

Dari pengertian diatas, dapat disimpulkan pada maksud dibawah ini dalam mempelajari ilmu Ekonomi.

Kelangkaan (kelangkaan)
Kelangkaan mencakup kuantitas, kualitas, tempat dan waktu. Sesuatu tidak akan langka kalau jangka waktu (kuantitas) yang jumlah: Tersedia Sesuai Kebutuhan, Berkualitas baik, Jumlah: Tersedia dimana saja (di setiap tempat) Dan kapan saja (waktu) dibutuhkan.

Contohnya Udara (Oksigen) untuk review pernafasan manusia, dipedesaan Masih hijau dan bersih, belum langka, jangka waktu banyak, kualitas baik, Dimana saja dan kapan saja karena itu mereka yang tinggal dipedesaan tidak perlu mengeluarkan uang untuk memenuhi pernafasannya. Lain hal dengan industri wilâyah dijepang, Polusi udara yang parah membuat udara tidak berfungsi seuutuhnya seperti dipedesaan, dan udara segar menjadi langka dan perlu mencakup biaya untuk menikmatinya.

PILIHAN-PILIHAN (pilihan)
Dalam setiap kebutuhan manusia tidak terbatas dan tidak pernah merasa puas dengan apa yang mereka capai dan peroleh. Maka keinginan berbaring akan muncul.
Terbatasnya sumber daya jumlah: Tersedia dibandingkan kebutuhan / keinginan, menyebakan manusia harus menentukan pilihan-pilihan yang bersifat individu (seperti memilih baju yang akan dipakai hari inj) Dan kolektif (kemana kita piknik hari sabtu nanti)

Mencakup biaya kesempatan (opportunity cost)
Ilmu Ekonomi memandang manusia sebagai makhluk rasional. Mencari google artikel membandingkan mencakup biaya yang akan dihasilkan Dan untung yang timah dengan mempertimbangkan untung Dan Rugi. 

Contohnya dari membeli mobil bekas bila dihitung hitung mungkin kitd akan get keuntungan (Beroperasi akuntan) namun hearts ilmu Ekonomi akan mendapat kerugian sebab jika dengan mendepositkannya itu akan mendapatkan keuntungan.

Jadi biaya kesempatan Adalah kesempatan (untuk memperoleh Sesuatu) Yang hilang yang kita punya untuk memilih yang lain.

Masalah-masalah Ekonomi :

1.masalah Ekonomi Klasik
Masalah Ekonomi Klasik merupakan masalah ekonomi yang bisa digambarkan dari pandangan yang sederhana. Pada hakikatnya bahwa pemikiran ini berguna pada satu hal saja yaitu yang berkaitan mewujudkan kemakmuran (Kesejahteraan). 
     Mencari google artikel menyelesaikan masalah ini merupakan cara untuk melakukan yang dianggap sangat perlu dalam mencapai kesejahteraan. Yang dikatakan Kesejahteraan atau kemakmuran disini adalah situasi dan keadaan dimana semua barang atau jasa yang diperlukan oleh manusia ada yang disiapkan.

Pokok masalah Ekonomi ada Tiga, Yaitu: Produksi, konsumsi Dan Distribusi.
-
Produksi, menyangkut masalah usaha atau aktivitas mencipta atau menambah kegunaan suatu benda.


-
Konsumsi, menyangkut aktivitas menghabiskan atau mengurangi kegunaan suatu benda.


-
Distribusi, menyangkut aktivitas menyalurkan barang dari produsen ditunjukan kepada konsumen.


Pokok masalah tadi selanjutnya diperluas oleh aliran ekonomi modern, yaitu apa dan berapa, bagaimana, Dan untuk siapa barang diproduksi.

2.masalah Ekonomi yang modern
Yang revoked dengan kelangkaan merupakan penyebab yang dilakukan oleh suatu pilihan ataupun sebaliknya sehingga hadir empat dalam pertanyaan Yang mendasar Yaitu Mengenai Apa, Bagaimana, Siapa, Dan Untuk siapa. Meskipun SETIAP 'masyarakat mengalami Dan Menghadapi SEBUAH Pertanyaan Yang sama, tetapi Cara mengatasinya ITU BERBEDA. Perbedaan Inilah Yang akan menghadirkan beberapa Sistem Ekonomi.

Apa (Apa)
Barang dan Jasa Yang akan diproduksi ITU Harus ditentukan hearts Jangka Waktu berapa. Mencari Google Artikel demikian Dari sekian Banyak Barang dan Jasa Harus ADA pilihannya bahwa Yang manakah Harus dipilih untuk review diproduksi. Mencari Google Artikel munculnya SEBUAH Keputusan Produksi Maka TIDAK ADA Lagi Hanya berperan untuk review memenuhi Kebutuhan 'masyarakat akan tetapi also sebagai penghasil AGRO Maksimum ATAU keuntungan Yang mencapai Titik keoptimalan.

Bagaimana (Bagaimana)
Mencari Google Artikel adanya kata Penyanyi Maka Hadir beberapa Pertanyaan Yang berada di Lingkungan Ekonomi Yaitu bagaimana Cara Yang akan dilakukan untuk review Analisa dan? Apakah Penyanyi memunculkan keuntungan Yang Begitu gede? ATAU Apakah JIKA Terdapat Barang modal Yang Berupa Bangunan akan dijadikan sebagai kantor ataupun gudang / Pabrik?
Mencari Google Artikel demikian Pertanyaan-Pertanyaan Penyanyi Senantiasa Harus dituntaskan Dan dijelaskan DENGAN bijak. Bahwa ketika melakukan Kesalahan hearts Produksi Maka akan berdampak PADA Kerugian, tak ketinggalan also Mengenai Kelebihan ataupun Kekurangan Produksi pun can be mengakibatkan kerugian.Hal Inilah Yang AKTIVITAS-AKTIVITAS disebabkan KARENA Produksi Membutuhkan mencakup biaya / Anggaran.

Yang (Siapa)
Siapa Penyanyi Adalah Pelaku Produksi, Maka ketika ITU ADA many parties Yang can be melakukan Produksi such as inviting participation Saja Pemerintah, Swasta (Pengusaha), ATAU koperasi. Inilah merupakan shalat Satu Bentuk Modernisasi, Yaitu Spesialisasi. Yang revoked DENGAN Spesialisasi Penyanyi Yaitu Berarti SETIAP parties memiliki Suatu kemampuan Dan Keahlian ataupun keterampilan Yang KHUSUS. Maka through different Pertimbangan Yang berkaitan PADA Pelaku Produksi Penyanyi merupakan HAL Yang itub Dan Turut peka di Lingkungan 'masyarakat KARENA SETIAP parties memiliki Kelebihan ATAU Nilai Tambah hearts memproduksi Yang Lebih Baik.

Untuk siapa (untuk siapa)
Yang revoked DENGAN untuk siapa bahwa Yang berkenaan PADA Barang Yang di Produksi ITU apakah untuk review segmen Pasar ataukah untuk review parties 'masyarakat Sales manager.

Manfaat ilmu Ekonomi

Membantu Cara Berpikir Yang Tepat hearts Pengambilan Keputusan
Pikiran Adalah harta Yang Sangat Berharga hearts Diri Manusia. Manusia DENGAN pikirannya Mampu menganalisis, melakukan PENILAIAN Terhadap Benar-shalat Serta Baik-buruk, untuk review kemudian menentukan PILIHAN terhadapnya.
Kemampuan Penyanyi pula Yang menjadikan Manusia can be mempertahankan keberadaannya untuk review ADA PADA Puncak ekosistem di bumi ini.Seiring Perkembangan jaman, Manusia also Terus-menerus berusaha untuk review meningkatkan KUALITAS hidupnya.Berbagai Metode Dan teknik Berpikir hearts ilmu Ekonomi akan Semakin meningkatkan kemampuan Berpikir Dan mengambil Keputusan Dari SETIAP Perbuatan Yang dilakukan. 2. Membantu Memahami Masyarakat
Manusia TIDAK can Hidup Tanpa orangutan berbaring, KARENA Manusia Adalah mahluk sosial. Interact Adalah HAL Yang Tak Bisa kitd hentikan.Sedangkan * Menurut ilmu Ekonomi, Interaksi Manusia Terjadi lewat pertukaran ATAU Yang disebut DENGAN Pasar.
Diajarkan hearts Sejarah-Sejarah Ekonomi, bahwa Manusia berupaya Mengatasi kelangkaan through pertukaran tersebut. Peradaban pun kian Berkembang, Dan Sistem Kemasyarakatan also Semakin maju. Through ilmu Ekonomi, kitd also can belajar Banyak Dan Memahami different Peristiwa Penting hearts Sejarah Perekonomian Dunia, seperti Revolusi Industri di Inggris, Revolusi Politik di Prancis, Serta Peristiwa-Peristiwa bersejarah Penting lainnya. 
3. Membantu Pemahaman Terhadap * Masalah-masalah global
PADA SETIAP Tingkat Hidup Selalu Ada kelangkaan Yang Terjadi Dan Harus dihadapi, Mulai dari individu, keluarga, atau masyarakat desa, kota, Negara, Dunia bahkan.
PADA Tingkat internasional, Jarang Sekali Terjadi Interaksi Ekonomi antar individu Yang Beroperasi Langsung demi kepentingan Pribadi. Individu Yang interact LEBIH Sering mewakili kepentingan-kepentingan kelompoknya (Negara maupun Perusahaan).
Apa Yang dilakukan Oleh mereka, walaupun terlihat Baik Bagi Kelompok ATAU Negara berbaring, namun sebenarnya LEBIH ditunjukan kepada Pertimbangan kepentingan Kelompok ATAU Negara mereka Sendiri.
Mencari Google Artikel mempelajari ilmu Ekonomi, kitd akan Mampu Memahami LEBIH hearts TENTANG different Kerjasama antar Negara, Dan also mengapa Krisis Ekonomi can Terjadi Pada Suatu Negara. Seperti contoh, ketika Indonesia mengalami Krisis Ekonomi di Tahun 1998, mengapa Banyak Negara-Negara maju Dan also Lembaga Keuangan internasional yang mau memberikan
bantuannya ditunjukan kepada Negara kitd. Nah, apakah Andari industri tahu alasannya?
4. Membangun Masyarakat Yang Lebih, Demokrasi
Harapan ATAU cita-cita membentuk SEBUAH society Yang demokrasi bukanlah Hanya kepentingan para Politisi Saja. Para ekonom pun also memiliki cita-cita Yang sama. Demokrasi dipandang Dari Segi Ekonomi sebagai Suatu HAL Yang Penting, KARENA DENGAN adanya demokrasi Maka Alokasi Sumber Daya can be LEBIH KARENA optimal mencerminkan Aspirasi Dari sebagian society gede.
Seperti kitd ketahui, para Calon Pemimpin tentunya also Harus menjabarkan bagaimana mereka akan menjalankan Program-program yang ekonominya di Saat masa Kampanye berlangsung.
Dari Situ can Dilihat pula bahwa Ekonomi dan Politik Adalah doa HAL Penting Yang saling berkaitan Satu sama berbaring sehingga keduanya TIDAK can be dipisahkan hearts menjalankan roda Pemerintahan SEBUAH Negara.

Alasan Mengapa Harus mempelajari ilmu Ekonomi?

PADA masa kini different Persoalan Ekonomi Sudah Sangat Mudah di temui hearts Kehidupan Sehari-hari kitd. Terkadang Tanpa kitd sadari, Perasaan hati kitd Yang bersuka cita Sepanjang hari Ternyata dipengaruhi Oleh sekelumit berita Ekonomi: Harga Minyak Dunia Turun. Di Sisi berbaring mungkin kitd Menjadi Sedikit Gusar Terhadap Pemerintah lantaran Melihat hal society Harus mengantri lama untuk review memperoleh 2 liter minyak tanah di Samarinda. Padahal different information terebut mungkin Hanya kitd Lihat di Layar kaca.
  Kita also mungkin PERNAH menonton berita Yang menyatakan bahwa has Terjadi peningkatan Penduduk Miskin di Indonesia seiring DENGAN munculnya Krisis Ekonomi dan naiknya harga Kebutuhan pokok. Padahal, di Sisi berbaring, Saat kitd berangkat BEKERJA, kitd can be Melihat hal bahwa Banyak bermunculan Perumahan griya tawan (apart) di beberapa kota gede, Belum Lagi Pusat-pusat Perbelanjaan baru also Mulai marak dibangun di Banyak kota. Apakah para investor TIDAK mengetahui bahwa Jangka Waktu Penduduk Miskin Indonesia has MENINGKAT? Mengapa para investor differences tertarik untuk review menanamkan modalnya untuk review Membangun griya Tawang ataupun pusar Perbelanjaan? Tanpa kitd sadari, Ternyata kitd Sudah dikelilingi Oleh Beragam Persoalan Dan activities Yang Berhubungan DENGAN Ekonomi. Oleh KARENA ITU Penting Bagi Kita Untuk mempelajari ilmu Ekonomi.
"Walau pun Uang sangatlah Penting Bagi kitd, namun janganlah kitd lupa Daratan KARENA Uang. Kemanusiaan LEBIH Penting daripada Uang ".
Mencari Google Artikel mempelajari ilmu Ekonomi, kitd can be mengetahui penyebab munculnya different permasalahan Ekonomi, prilaku para agen Ekonomi (rumah tangga Dan Perusahaan), Dampak Yang dihasilkan Dari permasalahan Ekonomi, Dan Pengambilan Keputusan Ekonomi Yang rasional. Sebenarnya, Tanpa mempelajari ilmu Ekonomi terlebih PT KARYA CIPTA PUTRA, Manusia Beroperasi Sadar maupun TIDAK, SETIAP hari melakukan Keputusan Ekonomi dan bagaimana Suatu Perekonomian BEKERJA. Pembaca blog Penyanyi akan diajak untuk review Berpikir Beroperasi terstruktur bagaimana Suatu Peristiwa Ekonomi Terjadi Dan dampaknya Terhadap prilaku para agen Ekonomi.

Kesimpulannya: ilmu ekonomi Bagi Kehidupan sangatlah berguna maupun m hingga terbesar


Daftar pustaka 
Oziekonomi, masalah pokok Ekonomi, https://oziekonomi.wordpress.com/materi/materi-kelas-x/masalah-pokok-ekonomi/ (diunduh 06 maret 2017)

Ismhi.N 2017, masalah Ekonomi, http://isma-ismi.com/masalah-ekonomi.html (diunduh 06 maret 2017)

AJ Pradipta, 2015, Beberapa Manfaat belajar ilmu Ekonomi, http://www.belonomi.com/2015/05/beberapa-manfaat-belajar-ilmu-ekonomi.html (diunduh 06 maret 2017)

Faisal mandarwarman 2013, mengapa mempelajari ilmu Ekonomi, http://mdr-manajemen.blogspot.co.id/2013/11/mengapa-mempelajari-ilmu-ekonomi.html, samarinda (diunduh 06 maret 2017)

Rahardja P dan M. Manurung, 2008, Pengantar Ilmu Ekonomi (mikroekonomi & makroekonomi) edisi Ketiga, FE-UI, Jakarta (diunduh 06 maret 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.