.

Minggu, 21 Mei 2017

Pengertian, Konsep, Manfaat dan Perhitungan Pendapatan Nasional



Oleh : @A08-Satria


A.      Definisi Pendapatan Nasional
Pendapatan nasional adalah merupakan jumlah seluruh pendapatan yang diterima oleh masyarakat dalam suatu negara selama satu tahun.
B.      Definisi Pendapatan Nasional Menurut Para Ahli
Pengertian Pendapatan Nasional Menurut Para Ahli adalah jumlah pendapatan yang di terima oleh seluruh rumah tangga keluarga (RTK) disuatu negara dari penyerahan faktor-faktor produksi dalam satu periode, biasanya selama satu tahun.
C.      Konsep Pendapadan Nasional
1.       Produk Domestik Bruto (PDB)
Produk Domestik Bruto (PDB) merupakan nilai barang dan jasa yang diproduksi oleh unit-unit produksi di dalam batas wilayah suatu negara (domestik) dalam periode tertentu, biasanya satu tahun.
2.       Produk Nasional Bruto (PNB)
Produk Nasional Bruto (PNB) merupakan nilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh faktor-faktor produksi milik waga negara baik yang tinggal di dalam negeri maupun diluar negeri, namun tidak termauk warga negara asing yang tinggal di negara tersebut, atau dengan kata lain PNB/GNP merupakan jumlah Produk Domestik Bruto ditambah dengan pendapatan neto dari luar negeri (penghasilan neto) yaitu penghasilan dari warga negara yang bekerja di luar negeri di kurangi penghasilan warga negara lain yang bekerja di dalam negeri.
3.       Produk Nasional Neto (PNN)
Sering disebut juga Net National Product atas dasar harga pasar, yakni GNP dikurangi depresiasi atau penyusutan atas barang modal dalam proses produksi selama satu tahun.
4.       Pendapatan Nasional Neto
Pendapatan Nasional Neto adalah pendapatan yang dihitung menurut jumlah balas jasa yang diperoleh masyarakat sebagai pemilik faktor produksi. Besarnya Pendapatan Nasional Neto diperoleh dari Produk Nasional Neto dikurangi pajak tidak langsung.
5.       Pendapatan Perseorangan
Pendapatan Perseorangan merupakan pendapatan yang diterima oleh setiap lapisan masyarakat dalam satu tahun.
6.       Pendapatan Disposibel
Pendapatan Disposibel merupakan pendapatan yang siap dimanfaatkan guna membeli barang dan jasa konsumsi, dan selebihnya menjadi tabungan yang disalurkan sebagai investasi.
7.       Pendapatan per Kapita
Yakni pendapatan rata-rata penduduk suatu negara pada periode tertentu, yang biasanya satu tahun.
8.       Produk domestic Regional Bruto (PDRB)
Merupakan salah satu indicator ekonomi makro yang digunakan untuk mengevaluasi seluruh hasil pembangunan di suatu daerah dalam lingkup kota dan kabupaten.
D.      Manfaat Pendapatan Nasional
a.       Dapat membandingkan keadaan perekonomian dari waktu ke waktu antar daerah atau antar propinsi atau antar negara.
b.      Dapat membantu merumuskan kebijakan pemerintah.
c.       Untuk mengetahui tingkat kemakmuran suatu Negara.
d.      Untuk memperoleh taksiran nilai barang dan jasa yang dihasilkan masyarakat dalam satu tahun.
e.      Membantu membuat rencana pelaksanaan program pembangunan yang berjangka.
f.        Mengetahui tentang struktur perekonomian suatu Negara.
E.       Peritungan Pendapatan Nasional
1.       Metode Produksi
Pedapatan nasional merupakan penjumlahan dari seluruh nilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh seluruh sektor ekonomi baik masyarakat didalam negeri maupun dari luar negeri dalam periode tertentu.

Y = [(Q1 x P1) + (Q2 x P2) + (Qn x Pn) ...]

2.       Metode Pendapatan
Pendapatan nasional merupakan hasil dari seluruh penerimaan yang diterima oleh pemilik faktor produksi dalam suatu negara selama satu periode.
Rumus yang dapat dipakai adalah:
Y = r + w + i + p
(rent, wage, interest, profit)

3.       Metode Pengeluaran
Pendapatan nasional merupakan penjumlahan dari seluruh pengeluaran yang dilakukan oleh seluruh rumah tangga ekonomi suatu Negara selama satu tahun.
Y = C + I + G (X - M)














DAFTAR PUSTAKA
Dayatullah, Febrihi. 2012. “Pengertian Pendapatan Nasional”. https://febrihidayatullah.wordpress.com/2012/04/24/pengertian-pendapatan-nasional/ (diakses pada tanggal 21 Mei 2017)
Ga, Sidoe. 2016. “Pendapatan Nasional Menurut Para Ahli Ekonomi”. http://www.ensiklopedi.org/2016/08/pendapatan-nasional-menurut-ahli-ekonomi.html (diakses pada tanggal 21 Mei 2017)
Anonim. 2015. “Konsep Pendapatan Nasional”. http://www.ilmu-ekonomi-id.com/2015/12/konsep-pendapatan-nasional.html (diakses pada tanggal 21 Mei 2017)
Anonim. 2015. “Pengertian, Konsep, Manfaat dan Perhitungan Pendapatan Nasional”. http://www.softilmu.com/2015/11/pengertian-konsep-manfaat-pehitungan-pendapatan-nasional-adalah.html (diakses pada tanggal 17 mei 2017
Alym, Mursalim. 2013. “Manfaat Pendapatan Nasional”. http://pelita-dunia27.blogspot.co.id/2013/03/manfaat-pendapatan-nasional.html (diakses pada tanggal 17 mei 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.