.

Senin, 08 Mei 2017

Faktor yang Mempengaruhi Kegiatan Konsumen

@A23-Eva
oleh : Eva Nindita

Salah satu tujuan daripada melakukan konsumsi adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia. Dengan melakukan konsumsi ini manusia diharapkan dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Semua makhluk di dunia pasti pernah melakukan kegiatan konsumsi, pelaku dari konsumsi tersebut di sebut dengan konsumen.  Tingkat konsumsi seseorang dipengaruhi oleh banyak hal yang berkaitan. Seseorang membelanjakan uang yang dimiliki sebelumnya dipengaruhi oleh banyak pertimbangan akibat adanya kalangkaan.
Pola konsumsi sendiri adalah susunan tingkat kebutuhan seseorang dalam jangka waktu tertentu yang akan dipenuhi dengan penghasilan yang diperoleh. Dengan adanya pola konsumsi maka seseorang dapat mengatur pengeluarannya sesuai dengan skala prioritas kebutuhan. (Hidayat, R 2015)
Lalu, Tinggi rendahnya tingkat konsumsi seseorang biasanya dipengaruhi oleh faktor faktor berikut ini, seperti yang dikutip oleh GI (2014) :

1. Faktor Internal
a.   Motivasi
      Motivasi seseorang dalam mengkonsumsi barang dan jasa berbeda beda. Bagi seseorang yang ingin selalu berpenampilan menarik  biasanya melakukan kegiatan konsumsi lebih banyak daripada orang yang berpenampilan apa adanya.
      b. Kebiasaan
      Sikap Hidup seseorang ada yang hemat dan ada pula yang boros. Kedua dari sikap ini sangat mempengaruhi kegiatan konsumsi manusia.
      c. Pendapatan
      Kegiatan konsumsi akan berjalan normal apabila seseorang memiliki pendapatan. Karena besar kecilnya pendapatan akan berpengaruh terhadap perilaku konsumsi seseorang.

2. Faktor Eksternal
a. Lingkungan sosial Ekonomi
      Lingkungan sosial ekonomi masyarakat dapat mempengaruhi tinggi rendahnya konsumsi seseorang. Sebagai contoh, jumlah konsumsi barang atau jasa bagi masyarakat yang tinggal di kota besar lebih banyak jika dibanding dengan masyarakat yang tinggal di pedesaan. Hal ini disebabkan masyarakat kota cenderung terpengaruh oleh gaya hidup mewah, reklame, hiburan, dan lain sebagainya.
      b. Besar kecilnya Jumlah Keluarga
      Besar kecilnya jumlah anggota keluarga marupakan salah satu faktor yang berpengaruh pada tingkat konsumsi suatu keluarga. Jumlah kebutuhan barang atau jasa bagi keluarga yang anggotanya sedikit akan lebih kecil jika dibanding dengan jumlah kebutuhan bagi keluarga besar.
      c. Kebudayaan
      Di negara Indonesia terdapat banyak kebudayaan masyarakat. Di pandang dari sisi ekonomi ada yang berpendapat bahwa kebudayaan masyarakat akan memberikan dampak positif dan dampak negatif.
      d. Tinggi rendahnya Pendidikan dan Kedudukan Sosial
      Tinggi rendahnya tingkat pendidikan dan kedudukan sosial seseorang berpengaruh juga pada tingkat konsumsi. Jumlah konsumsi barang atau jasa bagi seseorang yangg mempunyai tingkat pendidikan dan kedudukan sosial tinggi, lebih besar jika dibandinh dengan orang yang tingkat pendidikan dan kedudukan sosialnya rendah.
      e.  Tinggi Rendahnya Harga
Tinggi rendahnya harga barang barang atau jasa kebutuhan, berpengaruh pada tinggi rendahnya tingkat konsumsi. Apabila harga barang barang atau jasa jasa murah, masyarakat akan mampu membeli barang atau jasa tersebut. Dengan demikian, jumlah konsumsi masyarakat terhadap barang atau jasa tersebut lebih banyak.

Selain dari faktor internal dan eksternal, ada pula faktor ekonomi diantaranya adalah dari kekayaan, tingkat bunga dan perkiraan tentang masa depan.
Lalu, adapula faktor demografi yaitu Komposisi Penduduk, komposisi penduduk disini dimaksud jika jumlah orang dalam suatu wilayah yang usia kerja produktif banyak maka konsumsinya juga akan lebih tinggi. Lalu yang kedua ada jumlah Penduduk, Jika suatu daerah jumlah penduduk nya sedikit maka biasanya konsumsinya pun sedikit. namun jika suatu daerah penduduknya banyak, maka konsumsinya akan sangat banyak pula.
Namun jenis kelamin juga dapat menjadi faktor tinggi rendahnya konsumsi seseorang karena biasanya perempuan cenderung mengkonsumsi barang atau jasa lebih banyak daripada pria.

Kesimpulannya, setiap orang memiliki tingkat konsumsi yang berbeda beda tergantung dari faktor faktor diatas yang telah disebutkan. Namun perlu diingat bahwa dalam mengonsumsi sebuah barang atau jasa hendaknya disesuaikan oleh kemampuan dan lebih mengutamakan kebutuhan daripada keinginan pribadi.

Daftar pustaka :
GI. 2014. Faktor Faktor Yang Memengaruhi Kegiatan Konsumsi. http://www.gerbangilmu.com/2014/06/faktor-faktor-yang-memengaruhi-kegiatan.html
(diakses pada 8 Mei 2017)
Godam. FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KONSUMSI/PENGELUARAN RUMAH TANGGA - PENDIDIKAN EKONOMI DASAR http://www.organisasi.org/1970/01/faktor-yang-mempengaruhi-tingkat-konsumsi-pengeluaran-rumah-tangga-pendidikan-ekonomi-dasar.html
(diakses pada 8 Mei 2017)
Hidayat R. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumsi. http://www.kitapunya.net/2015/08/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-konsumsi.html
(diakses pada 8 Mei 2017)
Rayendra A (2007) Vol. 6 No. 2 ”KAJIAN PREFERENSI KONSUMEN BERAS “IR 64” DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KONSUMSINYA DI KOTA BENGKULU” diambil dari http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=345230

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.