.

Senin, 06 Maret 2017

Mengapa Kita Harus Belajar Ilmu Ekonomi

@A03-Agung -

oleh : Agung Prasetyo 

Pengertian ilmu ekonomi

adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Kata "ekonomi" sendiri berasal dari kata Yunani οἶκος (oikos) yang berarti "keluarga, rumah tangga" dan νόμος (nomos), atau "peraturan, aturan, hukum," dan secara garis besar diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga."
Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja

Alasan Mengapa kita perlu mempelajari ekonomi

Mengapa belajar ilmu ekonomi? Pertanyaan sebenarnya layak dan perlu dilontarkan. Case dan Fair (1996) memberikan pandangan tentang beberapa manfaat dari studi ekonomi yaitu sebagai berikut.

1. Memperbaiki cara berfikir yang membantu dalam pengambilan keputusan
Harta sangat berharga dalam diri manusia adalah pikiran. Dengan pikiran kita mampu menganalisa, menilai benar - salah, baik - buruk dan menentukan pilihan,

2. Membantu memahami masyarakat
Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat hidup tanpa orang lain. Kita tidak pernah berhenti berinteraksi. Menurut ilmu ekonomi interaksi manusia terjadi lewat pertukaran (pasar)..


3. Membantu mamahami masalah - masalah internasional (Global)
Di tingkat internasional, interaksi antara individu secara lansung demi kepentingan pribadi, jarang terjadi. Individu - individu yang berinteraksi lebih mewakili kepentingan - kepentingan kelompok (negara/perusahaan).

4.Bermanfaat dalam membangun masyarakat demokrasi
Ekonom memandang demokratisasi sangat penting dalam rangka memperbaiki proses alokasi sumber daya, karena lebih mencerminkan aspirasi masyarakat kebanyakan.

Permasalahan Ekonomi Di Indonesia

1.Rendahnya pertumbuhan ekonomi
Rendahnya pertumbuhan ekonomi di Indonesia ini dapat dipengaruhi oleh naiknya harga minyak dunia.

2.Kemiskinan Berkurangnya pendapatan masyarakat secara riil dapat menyebabkan tingginya tingkat kemiskinan.

3.Pengangguran
Jumlah pengangguran di Indonesia terus meningkat karena minimnya lapangan pekerjaan.

4.Inflasi
Inflasi tinggi berdampak pada melemahnya nilai rupiah.

5.Hutang luar negeri
Hal ini menyebabkan nilai mata uang rupiah terus menurun karena hutang yang terus menumpuk.

6.Defisit Anggaran
APBN Indonesia kerap mengalami defisit yang menambah utang ke luar negeri.

7.Korupsi
Korupsi memang hal yang sangat serius dan dapat menyebabkan program pemerintah menjadi kacau serta penegakan hukum menjadi lemah.


Metodologi Ekonomi
Metodologi ekonomi adalah ilmu yang mempelajari metode, umumnya metode ilmiah yang berhubungan dengan ekonomi, termasuk prinsip tentang pertimbangan ekonomi.

a. Teori Ekonomi
Ilmu ekonomi menaruh perhatian besar terhadap kemampuan memberi penjelasan dan prediksi atas gejala-gejala yang diamati.Daya guna dan validitas sebuah teori itu diukur dari kemampuan dan keakuratannya menjelaskan dan memprediksi gejala-gejala yang diamati.

b. Model Ekonomi
Model ekonomi dapat dipresentasikan secara verbal atau menggunakan kata2, diagramatis, dan matematis. Model yang baik tidak harus sulit, . Model yang baik itu dilihat dari variabel yang digunakan.Salah satu contoh model ekonomi yang baik adalah Model Siklus Lingkaran Kegiatan Ekonomi atau Circular Flow of Economic Activity

c. Metode Deduktif dan Induktif
Metode deduktif adalah suatu metode pengambilan kesimpulan untuk hal-hal khusus berdasarkan kesimpulan yang bersifat umum

Adam Smith
"perekonomian tidak akan pernah mengalami masalah besar dan berlarut-larut, karena ampuhnya mekanisme pasar."

sumber:
anonim. 2016. ilmu ekonomi. : https://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu_ekonomi (06 maret 2017)

remix. tanpa tahun, mengapa belajar ilmu ekonomi. : http://goeboekscience.blogspot.co.id/2015/09/mengapa-belajar-ilmu-ekonomi.html (06 maret 2107)

jaya kurnia. tanpa tahun. 15 permasalahan ekonomi di indonesia. : http://pengayaan.com/15-permasalahan-ekonomi-di-indonesia/ (06 mraet 2017)

elvira, 2012. definisi dan metodologi ekonomi. : http://elvhiera.blogspot.co.id/2012/03/definisi-dan-metodologi-ekonomi_23.html (06 maret 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.