.

Senin, 20 Maret 2017

4 Jenis Perilaku Konsumen

Oleh: Hariadi Adha Putra Rieswanto


Definisi Perilaku Konsumen

Perilaku konsumen merupakan suatu proses yang berkaitan erat dengan proses pembelian, pada saat itu konsumen melakukan aktifitas-aktifitas seperti melakukan pencarian, penelitian, dan pengevaluasian produk. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.Yang termasuk
ke dalam perilaku konsumen selain mengenai kualitas produk, juga meliputi harga produk atau jasa tersebut

Perilaku Konsumen Rasional dan Irrasional

Secara Umum jenis perilaku konsumen dibagi dua yaitu pembeli yang Rasional dan Irrasional, berikut ciri cirinya:

Beberapa ciri-ciri dari Perilaku Konsumen yang bersifat Rasional:
1. Konsumen memilih barang berdasarkan kebutuhan
2. Barang yang dipilih konsumen memberikan kegunaan optimal bagi konsumen
3. Konsumen memilih barang yang mutunya terjamin
4. Konsumen memilih barang yang harganya sesuai dengan kemampuan konsumen

Beberapa ciri-ciri Perilaku Konsumen yang bersifat Irrasional:
1. Konsumen sangat cepat tertarik dengan iklan dan promosi di media cetak maupun elektronik
2. Konsumen memilih barang-barang bermerk atau branded yang sudah dikenal luas
3. Konsumen memilih barang bukan berdasarkan kebutuhan, melainkan gengsi atau prestise
 
Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Pendapatan
Pendapatan merupakan faktor utama dalam mempengaruhi tingkat konsumsi seseorang

Harga barang
Semakin tinggi harga suatu barang maka semakin rendah tingkat konsumsi seseorang, sedangkan apabila harga suatu barang maka semakin tinggi tingkat konsumsinya.

Selera individu
Setiap orang mempunyai selera yang berbeda - beda barang atau jasa yang diinginkan

Status sosial
Status sosial seseorang dalam masyarakat dengan sendirinya membentuk pola konsumsi orang tersebut.

Kebudayaan 
Kebudayaan dapat mempengaruhi tingkat konsumsi.misalnya,  makanan pokoknya adalah sagu sehingga kebutuhan sagu tersebut lebih besar.

Jenis Perilaku Konsumen

Terdapat 4 jenis perilaku pembelian konsumen berdasarkan tingkat keterlibatan pembeli dan tingkat diferensiasi merek, yaitu:
  • Perilaku pembelian yang rumit. Konsumen terlibat dalam pembelian yang rumit dan menyadari adanya perbedaan signifikan diantara berbagai merek. Dan biasanya merupakan kasus untuk produk yang mahal,jarang dibeli, beresiko, dan sangat mengekspresikan pribadi. Biasanya konsumen tidak banyak tahu tentang kategori produk tersebut dan harus belajar banyak.
  • Perilaku pembelian pengurang disonansi. Kadang-kadang konsumen terlibat dalam sebuah pembelian namun melihat sedikit perbedaan dalam merek-merek. Hal ini didasari karena barang tersebut mahal, jarang dilakukan, dan beresiko. Biasanya konsumen akan berkeliling untuk mempelajari apa yang tersedia namun akan membeli bilamana dirasa tepat dan dirasa nyaman.
  • Perilaku pembelian karena kebiasaan. Konsumen kurang terlibat dalam pembelian produk yang dibeli dan tidak adanya perbedaan merek yang signifikan. Jika pun harus membeli produk tersebut hal itu dikarenakan keterbiasaan bukan pada kesetiaan merek yang kuat.
  • Perilaku pembelian yang mencari variasi. Dalam beberapa situasi tertentu pembelian ditandai dengan keterlibatan konsumen yang rendah namun perbedaan merek yang signifikan. Sehingga konsumen sering melakukan perpindahan merek.
Daftar Pustaka

Anonymous. 2009. 4 Jenis Perilaku Pembelian Konsumen. [Online]. Tersedia: https://belajarmanagement.wordpress.com/2009/06/17/4-jenis-perilaku-pembelian-konsumen/ . [20 Maret 2017].
Qi, Boyha. 2015. Pengertian,Faktor-Faktor, dan macam macam perilaku konsumen. [Online]. Tersedia: http://rajinikutan.blogspot.co.id/2015/12/pengertian-faktor-faktor-dan-macam.html .[20 Maret 2017].
Anonymous. 2015. Perilaku Konsumen: Definisi dan Proses Mengenali Perilaku Konsumen. [Online]. Tersedia: http://ciputrauceo.net/blog/2015/6/11/perilaku-konsumen. [20 Maret 2017].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.