@C18-Devi, @Proyek02
Disusun
Oleh : Devi Yanti Naibaho
ABSTRAK
Pasar mempunyai peran utama dalam menggerakkan roda kehidupan ekonomi.
Fluktuasi harga yang ada di dalamnya menunjukkan dinamika kehidupan ekonomi
yang pada akhirnya dapat dijadikan sandaran untuk mengambil keputusan. Pasar
yang sehat merupakan elemen ekonomi yang dapat mewujudkan kemaslahatan dan
kesejahteraan hidup manusia. Ironisnya, belakangan ini fakta yang terjadi di
Indonesia berbeda dengan mekanisme pasar yang seharusnya. Banyak campur tangan
oknum-oknum yang lebih mendahulukan kepentingan diri sendiri walaupun dengan
cara mengorbankan orang lain. Oleh karena itu, tulisan ini akan sedikit mengupas tentang pasar yang
sehat berikut mekanismenya.
KATA
KUNCI : Pasar,
Mekanisme Pasar, Penawaran Barang dan Jasa
PENDAHULUAN
Dalam teori ekonomi konvensional,
mekanisme pasar adalah suatu cara agar dapat mencapai tujuan ekonomi, yakni
berupa kesejahteraan masyarakat di dunia. Dan kesejahteraan masyarakat itu
didefinisikan sebagai kesejahteraan material. Dengan kata lain kualitas
kehidupan manusia itu tidak hanya ditentukan oleh kemampuan untuk memenuhi
kesejahteraan material saja tapi juga untuk memenuhi kesejahteraan non
material.
A. Permasalahan
1. Apa itu Pasar dan Mekanisme Pasar ?
2. Apa saja faktor yang mempengaruhi penawaran
barang dan jasa ?
3. Bagaimana Teori Hukum dan Kurva penawaran barang
dan jasa ?
B.
Pembahasan
a. Pengertian Pasar dan Mekanisme
Pasar
Pasar dalam pengertian ilmu ekonomi
adalah pertemuan antara permintaan dan penawaran. Dalam pengertian ini, pasar
bersifat interaktif, bukan fisik. Adapun mekanisme pasar adalah proses
penentuan tingkat harga berdasarkan kekuatan permintaan dan penawaran. Pertemuan antara permintaan (demand) dan penawaran (supply) dinamakan equilibrium price (harga keseimbangan).
Mekanisme pasar adalah suatu
Mekanisme untuk menjalankan aktivitas perekonomian dalam rangka mengadakan
penyesuaian atas gejolak-gejolak yang timbul dalam system tersebut dan
melakukannya secara otomatis tanpa campur tangan aktif dari suatu kekuasaan
tertentu dalam setiap kasus.
Menurut Eius Amalia, mekanisme pasar
dan penetapan harga perlu diatur untuk menegakkan keseimbangan pasar dan
keadilan ekonomi dengan mempertimbangkan kepentingan para pihak yang terlibat
di pasar. Harga wajar dan adil (fair price) adalah harga yang diperoleh
berdasarkan kekuatan penawaran (supply) dan permintaan (demand).
b.
Faktor-faktor
yang Mempengaruhi Penawaran
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran suatu
barang, yaitu
·
Harga barang itu sendiri
·
Harga barang lain yang terkait
·
Harga faktor produksi
·
Biaya produksi
·
Teknologi produksi
·
Jumlah pedagang/penjual
·
Tujuan perusahaan
·
Kebijakan pemerintah
c. Teori Hukum dan Kurva Penawaran
Hukum Penawaran
Makin rendah harga dari suatu barang/jasa
makin sedikit pernawaran atas barang/jasa
tersebut,
Cateris Paribus
Sebaliknya
Makin tinggi harga
dari suatu barang/jasa
makin banyak penawaran
atas barang/jasa tersebut,
Cateris Paribus
Kurva
Penawaran
C.
Kesimpulan
Mekanisme pasar adalah proses penentuan harga
berdasarkan permintaan dan penawaran. Permintaan sendiri adalah keinginan
konsumen dalam membeli suatu barang atau jasa dalam berbagai tingkat harga
selama periode tertentu sedangkan penawaran adalah jumlah barang/jasa yang
ditawarkan pada tingkat harga tertentu selama satu periode. Pasar akan mengalami keseimbangan (equilibrium) jika
kuantitas barang yang diminta sama dengan jika kuantitas barang yang diminta
sama dengan kuantitas barang yang ditawarkan dan tidak ada kekuatan internal
yang menyebabkan perubahan.
Daftar Pustaka
§ Amalia,
Eius. 2013. Mekanisme Pasar dan Kebijakan
Penetapan Harga Adil . Dalam https://media.neliti.com/media/publications/195011-ID-mekanisme-pasar-dan-kebijakan-penetapan.pdf. Diunduh (05 Maret 2018).
§ Rahardja, Pratama., dan Mandala Manurung. 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi (Mikroekonomi &
Makroekonomi) Edisi Ketiga. Jakarta : Lembaga Penerbit FEUI.
§ Sukriah, Erry. 2009.
Mekanisme Pasar (Permintaan &
Penawaran) Kuliah ke 3. Dalam http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/LAINNYA/ERRY_SUPRIAH/EKO_WK3_Mekanisme_Pasar_%5BCompatibility_Mode%5D.pdf. Diunduh (05 Maret 2018)
§ Simbolon,
Fredy. Strategi Pemasaran Global Di Pasar
Indonesia. Dalam http://research-dashboard.binus.ac.id/uploads/paper/document/publication/Proceeding/BBR/Vol.%204%20No.%201%20May%202013/37_MN_Fredy%20Simbolon.docx.pdf. Diunduh (05 Maret 2018)
§ Teori Pasar. Dalam http://masud.lecture.ub.ac.id/files/2012/07/08-Teori-Pasar.pdf.
Diunduh (05 Maret 2018)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.