@B20-Joko
1. Pendekatan Totalitas (Totality
Approach)
Pendekatan
totalitas merupakan pendekatan dengan cara membandingkan pendapatan total(TR)
dan biaya total (TC).
Pendekatan total(TC) adalah sama dengan jumlah unit output yang terjual (Q) dikalikan dengan harga output per unit (P), maka TR = P.Q . Sedangkan biaya total (TC) adalah samadengan biaya tetap (FC) ditambah dengan biaya variable(VC), maka TC = FC + VC.
Pendekatan total(TC) adalah sama dengan jumlah unit output yang terjual (Q) dikalikan dengan harga output per unit (P), maka TR = P.Q . Sedangkan biaya total (TC) adalah samadengan biaya tetap (FC) ditambah dengan biaya variable(VC), maka TC = FC + VC.
Dalam
pendekatan totalitas biaya variable per unit output dianggap konstan sehingga
biaya variable adalah jumlah output (Q) di kalikan dengan biaya variable per
unit (v), maka VC=v.Q. Sehingga dapat disimpulkan bahwa π=P.Q-(FC+v.Q).
Implikasi
dari pendekatan totalitas ini adalah perusahaan menempuh strategi penjualan
maksimum (Maximum Selling).Sebab semakin besar penjualan semakin besar laba
yang diperoleh. Hanya saja sebelum mengambil keputusan, perusahaan harus
menghitung berapa unit output yang harus diproduksi untuk mencapai titik impas.
Kemudian besarnya output tadi dibandingkan dengan potensi permintaan efektif.
Q
|
P
|
TR
|
TC
|
Keuntungan
Total
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
|
5
10
15
20
25
30
35
40
45
50
|
17
18,5
19,5
20,75
22,25
24,25
27,5
32,5
40,5
52,5
|
-12
-8,5
-4’5
-0,75
2,75
5,75
7,5
7,5
4,5
-2,5
|
Dari
tabel tersebut produsen akan menjual produknya sebanyak 8 unit yaitu pada saat
selisih antara TR dan TC adalah yang paling besar. Dengan tingkat harga yang
terjadi di pasaran sebesar 5, maka produsen akan memperoleh keuntungan maksimum
yaitu sebesar 7,5.
sumber : http://newalyaputri.blogspot.co.id/2015/11/maksimisasi-laba.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.