.

Selasa, 14 Maret 2017

PERMINTAAN PASAR, SEPERTI APA SIH?

@B05-Alif





PERMINTAAN


a. Pengertian

Menurut Gilarso (2007) ,Dalam ilmu ekonomi istilah permintaan (demand) mempunyai arti tertentu, yaitu selalu menunjuk pada suatu hubungan tertentu antara jumlah suatu barang yang akan dibeli orang dan harga barang tersebut.
Permintaan adalah jumlah dari suatu barang yang mau dan mampu dibeli pada berbagai kemungkinan harga, selama jangka waktu tertentu, dengan anggapan hal-hal lain tetap sama (=ceteris paribus).
Permintaan adalah keinginan konsumen membeli suatu barang  pada berbagai tingkat harga selama periode waktu tertentu, yang disertai dengan kesediaan dan kemampuan membeli barang tersebut.
Hukum permintaan berbunyi : “Semakin tinggi harga suatu barang, maka semakin sedikit jumlah barang yang diminta atau dijual dan sebaliknya”.
Agar hukum permintaan berlaku, maka asumsinya adalah sebagai berikut:
-         - Pendapatan tetap
-          -Tidak ada barang pengganti dan pelengkap
-         - Selera tetap
-         - Kebutuhan tetap
-         - Benda tersebut bukan benda prestise
-          -Tidak ada perubahan harga
Yang disebutkan diatas dikenal dengan Ceteris Paribus, yang artinya adalah faktor lain yang dianggap tetap atau tidak berubah. Kemudian terdapat kasus pengecualian, adakalanya hukum permintaan tidak berlaku, yaitu kalau harga suatu barang naik justru permintaan terhadap barang itu meningkat. Paling tidak ada 3 hukum permintaan tidak berlaku :
-          -Barang yang memiliki unsur spekulasi
-          -Baranf prastise
-          -Barang giffen
b. Faktor yang Mempengaruhi Permintaan

 - Harga Barang Itu Sendiri (Px)
Jika harga suatu barang semakin murah, maka permintaan terhadap barang itu bertambah.

-             - `Harga Barang Lain (Py)
Harga barang lain yang mempengaruhi permintaan suatu barang saling memiliki keterkaitan. Keterkaitan suatu barang bisa bersifat substitusi (pengganti) dan bersifat komplemen (penggenap).

-         -     Tingkat Pendapatan Perkapita (Y/cap)
Semakin tinggi tingkat pendapatan, daya beli semakin kuat, sehingga permintaan suatu barang meningkat.

-          -  Selera atau Kebiasaan (sel)

-          -  Jumlah Penduduk (pen)
Semakin banyak jumlah penduduk, permintaan barang (misal beras) semakin banyak.

-          -  Perkiraan Harga di Masa Mendatang (Pp)

-         -   Distribusi Pendapatan (Ydist)
Jika distribusi pendapatan buruk, berarti daya beli secara umum melemah, sehingga permintaan terhadap suatu barang menurun.

-         -  Usaha-usaha Produsen Meningkatkan Penjualan (prom)

Fungsi   permintaan:
–    -/+      +       +     +      +        +         +
Dx = f(Px, Py, Y/cap, sel, Pen, Pp, Ydist, prom)
Tanda (+) dan negatif (-) menunjukkan pengaruh masing-masing variabel bebas terhadap permintaan barang X. Tanda positif menunjukkan hubungan searah, sedangkan tanda negatif menunjukkan hubungan terbalik. Misalnya, pertambahan jumlah penduduk (pen) akan meningkatkan permintaan barang X. Sementara jika harga X (Px) naik, permintaan barang X turun.

c. Model dan Teori Permintaan

Model permintaan digunakan untuk menentukan harga dan kuantitas yang terjual di pasar. Model ini sangat penting untuk melakukan analisa ekonomi mikro terhadap perilaku para penjual dan pembeli. Model ini memperkirakan bahwa dalam suatu pasar yang kompetitif, harga akan berfungsi sebagai penyeimbang antara kuantitas yang diminta oleh konsumen dan kuantitas yang ditawarkan oleh produsen, sehingga terciptalah keseimbangan ekonomi antara harga dan kuantitas.
Teori permintaan, dalam prakteknya permintaan seseorang atau masyarakat terhadap suatu barang atau jasa dipengaruhi beberapa faktor karena dibutuhkan. Barang dan jasa mempunyai harga atau nilai, karena barang tersebut berguna dan langka. Kegunaan (utility) suatu barang akan menimbulkan keinginan, dan pada gilirannya akan membutuhkan permintaan. Sebaliknya kelangkaan suatu barang mendorong beberapa orang untuk memanfaatkan kelangkaan itu dengan cara menjualnya, sehingga kelangkaan menimbulkan penawaran.
Jika ditarik kesimpulan, bahwa kegunaan menimbulkan permintaan dan kelangkaan menimbulkan penawaran atau, karena bergunalah suatu barang diminta dan karena langkalah suatu barang ditawarkan.

d. Skedul dan Kurva Permintaan
Skedul permintaan adalah daftar hubungan antara harga suatu barang dengan tingkat permintaan barang tersebut.
Kurva permintaan adalah suatu kurva yang ditunjukkan oleh hubungan erat antara jumlah barang yang diminta dengan harga.


OP = tingkat harga (price)
OQ = jimlah barang (quantity)
D = kurva permintaan (demand)
-          
Ciri-ciri kurva permintaan :
1 Kurvanya turun dari kiri atas ke kanan bawah atau miring ke kanan
2 Kurvanya merupakan garis lurus
3 Jumlah barang dan harga ada hubungan timbal balik
Kurva permintaan condong/miring ke kanan artinya suatu pernyataan yang mengatakan ada hubungan timbal balik atau berlawanan antara jumlah dan harga yang diminta.

e. Perubahan dan Pergeseran Permintaan
Perubahan permintaan terjadi karena dua sebab utama, yaitu perubahan harga dan perubahan faktor ceteris paribus, misalnya pendapatan, selera, dan sebagainya (faktor nonharga).
Perubahan harga menyebabkan perubahan jumlah barang yang diminta, tetapi perubahan itu hanya terjadi dalam satu kurva yang sama. Ini yang disebut pergerakan permintaan sepanjang kurva permintaan (movement along demand curve).
Permintaan dikatakan naik, jika :
-          Orang/masyarakat bersedia membeli jumlah yang lebih banyak, sekalipun harga barang itu tetap
-          Orang/masyarakat bersedia membeli jumlah barang yang tetap, sekalipun harga barang itu sudah naik
            Permintaan dikatakan turun, jika :
-          Orang/masyarakat bersedia membeli jumlah yang lebih sedikit, sekalipun harga barang itu tidak berubah atau tetap
-          Orang/masyarakat bersedia membeli jumlah barang yang tetap, sekalipun harga barang itu turun
Contoh kurva :

f.  Permintaan Individual dan Permintaan Pasar
Ada beberapa macam permintaan, diantaranya adalah :

-          Permintaan berdasarkan jumlah konsumen
1.       -  Permintaan individual : permintaan yang dilakukan oleh seorang konsumen saja
2.      -  Permintaan pasar : permintaan terhadap suatu barang di pasar pada waktu dan harga tertentu yang dilakukan oleh sekelompok konsumen
·Permintaan berdasarkan daya beli konsumen
Permintaan efektif : permintaan yang didukung oleh daya beli atau kemampuan membayar dan sudah dilaksanakan
Permintaan potensial : permintaan yang didukung oleh kemampuan daya beli namun belum melakukan pembelian
Permintaan absolut : permintaan yang tidak didukung oleh kemampuan daya beli konsumen

Susanti,rahayu (2016). http://rahayusanchi.blogspot.co.id/2016/01/permintaan-dan-penawaran.html [ diakses pada 13 maret 2017 ]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.