@B05-Alif
PERMINTAAN
PERMINTAAN
a. Pengertian
Menurut Gilarso (2007) ,Dalam ilmu ekonomi istilah permintaan (demand) mempunyai arti tertentu, yaitu selalu menunjuk pada suatu hubungan tertentu antara jumlah suatu barang yang akan dibeli orang dan harga barang tersebut.
Permintaan adalah jumlah dari suatu
barang yang mau dan mampu dibeli pada berbagai kemungkinan harga, selama jangka
waktu tertentu, dengan anggapan hal-hal lain tetap sama (=ceteris paribus).
Permintaan adalah keinginan
konsumen membeli suatu barang pada berbagai tingkat harga selama periode
waktu tertentu, yang disertai dengan kesediaan dan kemampuan membeli barang
tersebut.
Hukum permintaan berbunyi : “Semakin
tinggi harga suatu barang, maka semakin sedikit jumlah barang yang diminta atau
dijual dan sebaliknya”.
Agar hukum permintaan berlaku,
maka asumsinya adalah sebagai berikut:
- - Pendapatan tetap
- -Tidak ada barang pengganti dan pelengkap
- - Selera tetap
- - Kebutuhan tetap
- - Benda tersebut bukan benda prestise
- -Tidak ada perubahan harga
Yang disebutkan diatas dikenal
dengan Ceteris Paribus, yang artinya adalah faktor lain yang dianggap
tetap atau tidak berubah. Kemudian terdapat kasus pengecualian, adakalanya
hukum permintaan tidak berlaku, yaitu kalau harga suatu barang naik justru
permintaan terhadap barang itu meningkat. Paling tidak ada 3 hukum permintaan
tidak berlaku :
- -Barang yang memiliki unsur spekulasi
- -Baranf prastise
- -Barang giffen
b. Faktor yang Mempengaruhi Permintaan
- Harga Barang Itu Sendiri (Px)
Jika harga suatu barang semakin
murah, maka permintaan terhadap barang itu bertambah.
- - `Harga
Barang Lain (Py)
Harga barang lain yang
mempengaruhi permintaan suatu barang saling memiliki keterkaitan. Keterkaitan
suatu barang bisa bersifat substitusi (pengganti) dan bersifat komplemen
(penggenap).
- - Tingkat
Pendapatan Perkapita (Y/cap)
Semakin tinggi tingkat pendapatan,
daya beli semakin kuat, sehingga permintaan suatu barang meningkat.
- - Selera
atau Kebiasaan (sel)
- - Jumlah
Penduduk (pen)
Semakin banyak jumlah penduduk,
permintaan barang (misal beras) semakin banyak.
- - Perkiraan
Harga di Masa Mendatang (Pp)
- - Distribusi
Pendapatan (Ydist)
Jika distribusi pendapatan buruk,
berarti daya beli secara umum melemah, sehingga permintaan terhadap suatu
barang menurun.
- - Usaha-usaha
Produsen Meningkatkan Penjualan (prom)
Fungsi permintaan:
– -/+ + + + + + +
Dx = f(Px, Py, Y/cap, sel, Pen, Pp, Ydist, prom)
– -/+ + + + + + +
Dx = f(Px, Py, Y/cap, sel, Pen, Pp, Ydist, prom)
Tanda (+) dan negatif (-)
menunjukkan pengaruh masing-masing
variabel bebas terhadap permintaan barang X. Tanda positif menunjukkan hubungan
searah, sedangkan tanda negatif menunjukkan hubungan terbalik. Misalnya,
pertambahan jumlah penduduk (pen) akan meningkatkan permintaan barang X.
Sementara jika harga X (Px) naik, permintaan barang X turun.
c. Model dan Teori Permintaan
Model permintaan digunakan untuk menentukan harga dan
kuantitas yang terjual di pasar. Model ini sangat penting untuk melakukan
analisa ekonomi mikro terhadap perilaku para penjual dan pembeli. Model ini
memperkirakan bahwa dalam suatu pasar yang kompetitif, harga akan berfungsi sebagai
penyeimbang antara kuantitas yang diminta oleh konsumen dan kuantitas yang
ditawarkan oleh produsen, sehingga terciptalah keseimbangan ekonomi antara
harga dan kuantitas.
Teori permintaan, dalam prakteknya permintaan seseorang atau
masyarakat terhadap suatu barang atau jasa dipengaruhi beberapa faktor karena
dibutuhkan. Barang dan jasa mempunyai harga atau nilai, karena barang tersebut
berguna dan langka. Kegunaan (utility) suatu barang akan menimbulkan keinginan,
dan pada gilirannya akan membutuhkan permintaan. Sebaliknya kelangkaan suatu
barang mendorong beberapa orang untuk memanfaatkan kelangkaan itu
dengan cara menjualnya, sehingga kelangkaan menimbulkan penawaran.
Jika ditarik kesimpulan, bahwa
kegunaan menimbulkan permintaan dan kelangkaan menimbulkan penawaran atau,
karena bergunalah suatu barang diminta dan karena langkalah suatu barang
ditawarkan.
d. Skedul dan Kurva Permintaan
Skedul permintaan adalah daftar hubungan antara harga suatu
barang dengan tingkat permintaan barang tersebut.
Kurva permintaan adalah suatu kurva yang ditunjukkan oleh
hubungan erat antara jumlah barang yang diminta dengan harga.
OP = tingkat harga (price)
OQ = jimlah barang (quantity)
D = kurva permintaan (demand)
-
Ciri-ciri
kurva permintaan :
1 Kurvanya turun dari kiri atas
ke kanan bawah atau miring ke kanan
2 Kurvanya merupakan garis lurus
3 Jumlah barang dan harga ada
hubungan timbal balik
Kurva permintaan condong/miring
ke kanan artinya suatu pernyataan yang mengatakan ada hubungan timbal balik
atau berlawanan antara jumlah dan harga yang diminta.
e. Perubahan dan Pergeseran Permintaan
Perubahan permintaan terjadi
karena dua sebab utama, yaitu perubahan harga dan perubahan faktor ceteris
paribus, misalnya pendapatan, selera, dan sebagainya (faktor nonharga).
Perubahan harga menyebabkan
perubahan jumlah barang yang diminta, tetapi perubahan itu hanya terjadi dalam
satu kurva yang sama. Ini yang disebut pergerakan permintaan sepanjang kurva
permintaan (movement along demand curve).
Permintaan dikatakan naik, jika :
-
Orang/masyarakat bersedia membeli jumlah yang
lebih banyak, sekalipun harga barang itu tetap
-
Orang/masyarakat bersedia membeli jumlah barang
yang tetap, sekalipun harga barang itu sudah naik
Permintaan dikatakan turun, jika :
-
Orang/masyarakat bersedia membeli jumlah yang
lebih sedikit, sekalipun harga barang itu tidak berubah atau tetap
-
Orang/masyarakat bersedia membeli jumlah barang
yang tetap, sekalipun harga barang itu turun
Contoh kurva :
f. Permintaan Individual dan Permintaan Pasar
Ada beberapa macam permintaan,
diantaranya adalah :
-
Permintaan
berdasarkan jumlah konsumen
1. - Permintaan individual : permintaan
yang dilakukan oleh seorang konsumen saja
2. - Permintaan pasar : permintaan
terhadap suatu barang di pasar pada waktu dan harga tertentu yang dilakukan
oleh sekelompok konsumen
·Permintaan berdasarkan daya beli
konsumen
> Permintaan efektif : permintaan yang didukung oleh daya beli
atau kemampuan membayar dan sudah dilaksanakan
> Permintaan potensial : permintaan yang didukung oleh kemampuan
daya beli namun belum melakukan pembelian
> Permintaan absolut : permintaan yang tidak didukung oleh kemampuan
daya beli konsumen
Rabbani,Latipah ( 2013 ). https://latipahrabbani3103.wordpress.com/2013/12/14/mekanisme-pasar-permintaan-dan-penawaran/
[ diakses pada 13 maret 2017 ]
Susanti,rahayu (2016). http://rahayusanchi.blogspot.co.id/2016/01/permintaan-dan-penawaran.html
[ diakses pada 13 maret 2017 ]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.