Pengertian Pasar
Oligopoli
Istilah
Oligopoli berasal dari bahasa Yunani,
yaitu: Oligos Polein yang berarti: yang menjual sedikit atau
beberapa penjual.
Beberapa penjual dalam konteks ini, maksudnya di mana penawaran satu jenis
barang di kuasai oleh beberapa perusahaan, beberapa dapat berarti paling
sedikit 2 dan paling banyak 10 atau 15 perusahaan.
Teori oligopoli memiliki sejarah yang cukup panjang. Istilah oligopoly pertama kali digunakan oleh Sir Thomas Moore dalam karyanya pada tahun1916, yaitu “Utopia” 11. Dalam karya tersebut dikatakan bahwa harga tidak harus berada pada tingkat kompetisi ketika perusahaan di pasar lebih dari satu.Sedangkan Teori Oligopoli pertama kali diformalkan oleh Augustin Cournot pada tahun 1838 melalui karyanya “Researches sur les priciples mathematiques de la theorie des richesses”. Lima puluh tahun kemudian, teori tersebut dibantah oleh Bertrand . Meskipun menuai banyak kritik, namun hingga kini teori Cournot tetap dianggap sebagai benchmark bagi teori-teori oligopoli lainnya. Pasar oligopoli adalah suatu bentuk persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam satu wilayah area. Pasar Oligopoli adalah suatu pasar dimana terdapat beberapa produsen yang menghasilkan barang-barang yang saling bersaingan. Ini merupakan sifat utama dari pasar oligopoli Pasar Oligopoli merupakan salah satu jenis dari pasar persaingan tidak sempurna. Dimana pasar Oligopoli merupakan pasar yang hanya terdapat beberapa perusahaan atau penjual yang memproduksi barang sejenis
Teori oligopoli memiliki sejarah yang cukup panjang. Istilah oligopoly pertama kali digunakan oleh Sir Thomas Moore dalam karyanya pada tahun1916, yaitu “Utopia” 11. Dalam karya tersebut dikatakan bahwa harga tidak harus berada pada tingkat kompetisi ketika perusahaan di pasar lebih dari satu.Sedangkan Teori Oligopoli pertama kali diformalkan oleh Augustin Cournot pada tahun 1838 melalui karyanya “Researches sur les priciples mathematiques de la theorie des richesses”. Lima puluh tahun kemudian, teori tersebut dibantah oleh Bertrand . Meskipun menuai banyak kritik, namun hingga kini teori Cournot tetap dianggap sebagai benchmark bagi teori-teori oligopoli lainnya. Pasar oligopoli adalah suatu bentuk persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam satu wilayah area. Pasar Oligopoli adalah suatu pasar dimana terdapat beberapa produsen yang menghasilkan barang-barang yang saling bersaingan. Ini merupakan sifat utama dari pasar oligopoli Pasar Oligopoli merupakan salah satu jenis dari pasar persaingan tidak sempurna. Dimana pasar Oligopoli merupakan pasar yang hanya terdapat beberapa perusahaan atau penjual yang memproduksi barang sejenis
Efisiensi Skala Besar
Faktor-faktor Penyebab terbentuknya Pasar
Oligopoli
1.Efisiensi skala besar
di dalam efisiensi
teknis (teknologi) dan efisiensi ekonomi (biaya produksi). Profit hanya bisa
tercipta apabila perusahaan mampu mencapai tingkat efisiensi. Efisiensi teknis
menyangkut pada penggunaan teknologi dalam proses produksi. Kemampuan produsen
dalam menempatkan sumber daya secara optimal. Efisiensi ekonomi menyangkut pada
biaya produksi. Bagaimana mengatur biaya pada komposisi yang tepat sehingga
harga yang dipasarkan merupakan harga yang bisa diterima pasar dan produsen.
Kompleksitas manajemen (tingkat kerumitan). Tingkat kerumitan dalam
manajemen pengelolaan di suatu perusahaan. Dalam dunia nyata, perusahaan-perusahaan yang
bergerak dalam industri mobil, semen, kertas, pupuk, dan peralatan mesin,
umumnya berstruktur oligopoly
Tekhnologi padat modal (capital intensive) yang dibutuhkan dalam proses produksi
menyebabkan efisiensi (biaya rata-rata minimum) baru tercapai bila output
diproduksi dalam skala sangat besar.
b. Kompleksitas
Manajemen
Berbeda dengan tiga struktur pasar
lainnya (persaingan sempurna, monopoli,dan pasar monopolistik), struktur pasar
oligopoli ditandai dengan kompetisi harga dan non harga. Perusahaan juga harus
cermat memperhitungkan setiap keputusan agar tidak menimbulkan reaksi yang
merugikan dari perusahaan pesaing.
Ciri – Ciri Pasar Oligopoly
a.
Pasar oligopoly hanya terdiri atas
sekelompok kecil perusahaan.
b.
Barang yang diproduksi adalah
barang yang standar atau barang yang
berbeda corak atau bisa bersifat homogen, dan bisa juga berbeda, namun memenuhi
standar tertentu.
c. Terdapat banyak
pembeli di pasar
d. Hanya ada beberapa
perusahaan(penjual) yang menguasai pasar.
e. Adanya hambatan bagi
pesaing baru.
f. Adanya saling
ketergantungan antar perusahaan (produsen).
g.
. Advertensi (periklanan)
sangat penting dan intensif.
h. Sulit Dimasuki
Perusahaan Baru
i.
Harga Jual Tidak Mudah Berubah
Sifat-
sifat pasar oligopoly :
Ø Harga produk yang dijual relatif sama
Ø Pembedaan produk yang unggul merupakan kunci sukses
Ø Sulit masuk ke pasar karena butuh sumber daya yang besar
Ø Perubahan harga akan diikuti perusahaan lain
Faktor – Faktor
Penghambat Pasar Oligopoli
a. Hak paten yang tidak memungkinkan perusahaan
lain memproduksi barang yang sama.
b.
Modal yang di butuhkan terlalu besar, para pengusaha enggan untuk menanggung
risiko yang besar.
c.
Perusahaan lama telah terkenal sehingga sulit untuk tersaingi sehingga
menimbulkan risiko yang besar bagi perusahaan baru.
d. Skala Ekonomis
e.
Ongkos produksi yang
berbeda antar perusahaan
6 Kelebihan Dan Kelemahan Pasar Oligopoli
a. Kelebihan
pasar oligopoli
1. Memberi kebebasan memilih bagi pembeli.
Pasar oligopoli ini sangat memberi kebebasan terhadap pemilihan
produk, secara umum pembeli memperkirakan akan lebih baik membeli produk yang
mana yang dibutuhkan yang mana yang mampu memenuhhi kebutuhan, jadi para
pembeli tidak akan di tawarkan dengan agresif oleh perusahaan dalam pasar ini,
namun pembelilah yang menentukan akan membeli produk dari perusahaan mana.
2. Mampu melakukan penelitian dan
pengembangan produk.
Dalam pasar Oligopoli ini tentu penelitian - penelitian akan
banyak terjadi ,contohnya penelitian tentang minat pembeli yang banyak membeli
dari perusahaan lain di banding dengan perusahaan kita , ini merupakan
penelitian untuk pengembangan produk yang perusahaan ini miliki agar dapat
menarik pembeli dari perusahaan pesaing berkat keunggulan kualitas yang
dimiliki.
3. Lebih memperhatikan kepuasan konsumen
karena adanya persaingan penjual.
Didalam pasar Oligopoli ini kepuasan konsumen atau pembeli sangat
berpengaruh karena bisa saja dengan ketidak puasannya seorang pembeli dapat
membuat pembeli lain ikut tidak puas dan beralih dengan produk lain dari
perusahaan yang lain pula. oleh sebab itu banyak perusahaan bersikap baik dalam
halnya pelayanan dan memperhatikan kepuasan pembeli agar pembeli bersikap loyal
dan dapat membeli produk perusahaan ini dengan jenjang waktu yang lama.
4. Adanya penerapan teknologi baru
Didalam pasar olihopoli ini penerapan teknologi terbaru
sangatlah bermanfaat, jikateknologi yang semakin berkembang tidak diikuti oleh
perusahaan bisa jadi pembeli akan membeli produk dari perusahaan lain yang
memberi penerapan teknologi terbaru. oleh karena itu penerapan teknologi
terbaru dapat memudahkan perusahaan untuk mengembangkan produknya agar lebih di
minati.
b. Kelemahan pasar oligopoli
1. Menciptakan
ketimpangan distribusi pendapatan
Dalam pasar oligopoli ini sering kali terjadi ketimpangan
distribusi pendapatan,dimana perusahaan yang besar yang sudah lama berdiri dan
banyak sekali peminatnya lebih banyak mendistribusikan produk dagangnya yang
mengakibatkan hasil pendapatan yang banyak pula. sedangkan perusahaan yang
kurang di minati pembeli otomatis akan mendistribusikan barang dangangnya dalam
jumlah yang sedikit dan memperoleh pendapatan yang kecil.
2. Harga yang stabil dan
terlalu tinggi bisa mendorong timbulnya
inflasi
Didalam pasar oligopoli ini harga sangat bergantung, terkadang
harga yang mahal itu menggambarkan kuliatas yang bagus pun belum tentu banyak
peminatnya oleh karena itu perusahaan yang bekecimbung di dalam usaha ini
sangat jarang menaikan harga, itupun jika naik hanya sedikit dan tidak
berpengaruh terhadap minat pembeli sehingga jauh untuk terjadinya inflasi.
3. Bisa timbul
pemborosan biaya produksi apabila ada kerjasama antar oligopolis karena
semangat bersaing kurang
Didalam pasar oligopoli ini timbul pemborosan akiban biaya
produksi yang besar namu pemasukan tidak seimbang ini diakibatkan perusahaan
yang kurang peminat bekerjasama dengan perusahaan oligopolis lainnya yang juga
kurang peminat untuk bersaing dengan perusahaan pemimpin pasar, mengapa bisa
boros? karena biasanya dua perusahaan yang mempunyai satu produk kerjasama akan
menimbulkan sedikit penghasilan namun biaya produksi yang sama. akibatnya biaya
produksi dan penghasilan perusahaan tersebut goyan dan bisa menyebabkan
pemborosan.
4. Bisa timbul
eksploitasi terhadap pembeli dan pemilik
faktor produksi
Didalam pasar oligopoli ini timbul eksploitasi terhadap pembeli
dan pemilik faktor produksi , ini dikarenakan minat pembeli yang cenderung
memihak terhadap pemimpin pasar yang mengakibatkan faktor produksi perusahaan
yang baru memulai eksistensinya kurang minat dari pembeli.
5. Sulit ditembus /
dimasuki perusahaan baru
Didalam pasar oligopoli ini sulit untuk perusahaan lain bergabung
dalam usaha karena minat pembeli yang tinggi terhadap pimpinan pasar sehingga
sangat sulit untuk perusahaan baru untuk berkembang karena kurangnya peminat
dari pembeli
6. Bisa berkembang ke
arah monopoli
perusahaan dalam pasar oligopoly
Didalam pasar oligopoli ini bisa
berkembang kearah monopoli jika sudah tidak ada yang mampu bersaing dengan
pemimpin pasar, ini mengebabkan monopoli perusahaan ini berlanjut dengan
menyaingin produk barang lainnya yang belum perusahaan ini kuasai. perusaaan
ini berkemungkinan menyaring banyak pembeli karena produk yang lama sudah
banyak peminat dan jika perusahaan ini menonopoli produknya sama dengan produk
lain yang banyak di minati pembeli ,boleh jadi dengan produk terbarunya
perusahaan ini dengan mudah menyaingi perusahaan lama lainnya yang memiliki
produk yang belum di miliki oleh perusahaan ini.
Macam – Macam Pasar Oligopoli
a.
Oligopoli
murni adalah menjual barang yang homogen. Biasanya banyak dijumpai dalam
industri yang menghasilkan bahan mentah
atau merupakan praktek oligopoli dimana barang yang diperdagangkan merupakan
barang yang bersifat identik
b. Oligopoli Diferensial adalah menjual barang
berbeda corak. Barang seperti itu umumnya adalah barang akhir atau
merupakan suatu bentuk praktek oligopoli dimana barang yang diperdagangkan
dapat dibedakan.
Hubungan
Antara Perusahaan-perusahaan Dalam Pasar Oligopoli
a. Oligopoli dengan
kesepakatan (Collusive Oligopoly)
b. Oligopoli
tanpa kesepakatan (Non Collusive Oligopoly)
Contoh yang Berhubungan dengan Pasar Oligopoli
Industrusi transportasi udara dan TELKOM
mewarisi struktur pasar monopoli-oligopoli. Kedua industri ini sangat padat
moral, sehingga di masa lalu negara mengambil inisiatif dengan memprakarsai
lebih dulu melalui pembentukan BUMN. Tetapi lambat laun swasta mulai masuk ke
dalam pasar tersebut sehingga semakin banyak pesaing-pesaing baru yang
terlibat.
Indrastuti. 2007. Pasar Oligopoly. Jakarta: Sinar Grafika Jakarta.
Nuraini, Ida, 2005. Pengantar Ekonomi Mikro, Cetakan ke empatPenerbit: UMM Pres, Malang.
Nopirin, 2000. Pengantar Ilmu Ekonomi Makro dan Mikro, Penerbit: BPFE, Yogyakarta.
Ritonga M.T dan Yoga Firdaus. 2007. Ekonomi Untuk SMA Kelas X. Jakarta: Phibeta Aneka Gamma.
http://eki-blogger.blogspot.com/2012/09/pasar-oligopoli.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.