Mekanisme
Pasar
C03-Tasya
Disusun oleh Maytasya Fadhila
Pasar merupakan lembaga ekonomi
di mana para pembeli atau penjual , baik secara langsung atau tidak langsung
dapat melakukan transaksi perdagangan barang atau jasa. Jadi, pasar merupakan
tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi. Mekanisme pasar merupakan sistem
yang cukup efisien dalam memberlakukan haraga yang adil dan bahkan untuk
mengalokasikan faktor-faktor produksi dan mendorong kegiatan ekonomi.
Apa itu Mekanisme pasar?
Mekanisme pasar adalah suatu
proses penentuan tingkat harga berdasarkan dari kekuatan permintaan dan
penawaran. Definisi mekanisme pasar yang lainnya yaitu kecenderungan dalam
pasar bebas untuk terjadinya perubahan dari harga hingga pasar menjadi seimbang
(jumlah yang penawaran sama dengan jumlah permintaan).
Apa itu permintaan dan penawaran?
Permintaan
adalah keinginan dari konsumen untuk membeli suatu barang pada berbagai tingkat
harga selama periode waktu tertentu. Seperti misalnya Mengenai permintaan
pakaian di kota Bandung, kita membicarakan mengenai berapa jumlah pakaian yang
akan dibeli pada berbagai tingkat harga dalam satu periode waktu tertentu, per
bulan, atau pertahun di kota Bandung. Berikut ini beberapa faktor yang dapat
mempengaruhi permintaan suatu barang, diantaranya seperti:
- Harga
dari barang itu sendiri.
- Harga
barang yang terkait.
- Selera
ataupun kebiasaan
- Tingkat
pendapatan perkapita.
- Jumlah
penduduk di daerah tersebut.
Penawaran
adalah keinginan dari produsen untuk menawarkan atau menjual sejumlah barang
pada berbagai macam tingkat harga selama satu periode tertentu. Dan inilah
beberapa faktor yang dapat mempengaruhi penawaran, diantaranya seperti dibawah
ini:
- Harga
dari barang itu sendiri.
- Harga
barang yang terkait.
- Harga
faktor produksi.
- Biaya
dari produksi barang.
- Teknologi
untuk menproduksi barang.
- Jumlah
penjual.
- Tujuan
dari perusahaan.
- Kebijakan
dari pemerintah.
Beberap keuntungan Mekanisme Pasar
- Pasar
Dapat Memberi Imformasi Yang lebih Tepat.
Pasar dapat memberi imformasi yang sangat berguna yaitu, dengan memberikan
keterangan tentang harga barang dan samapai dimana besarnya permintaan
kepada barang produksinya.
Kelemahan dalam Mekanisme Pasar:
- Kebebasan
yang tidak terbatas menindas golongan-golongan tertentu:
Persaingan yang sangat bebas menyebabkan golongan yang kuat akan menjadi lebih kuat lagi, artinya golongan mayoritas menidas golongan minoritas. - Kegiatan
Ekonomi Sangat Tidak Stabil Keadannya.
Mekanisme pasar yang bebas menyebabkan perekonomian selalu mengalami kegiatan naik dan turun yang sangat tidak teratur. - Sistem
Pasar Dapat Menimbulkan Monopoli.
Tidak selalu mekanisme pasar itu merupakan suatu sistem pasar persaingan sempurna dimana harga dan jumlah barang yang diperjual belikan ditentukan oleh permintaan pembeli serta penawaran penjual yang banyak jumlahnya. - Mekanisme
pasar tidak dapat menyediakan beberapa jenis barang secara efisien.
Jasa-jasa seperti jalan raya untuk mempertinggi efisiensi lalu lintas , angakatan bersenjata dan polisi untuk keamanan serta ketertiban , serta rumah sakit untuk penyedian jasa kesehatan yang murah itu tidak dapat dilakukan oleh mekanisme pasar secara efisien , untuk dapat menyediakan jasa di atas diperlukan campur tangan pemerintahan. - Kegiatan
konsumen dan produsen mungkin menimbulkan “eksternalitas” yang Merugikan.
eksternalitas adalah efek samping(buruk atau baik).
eksternalitas yang buruk itu seperti merugikan lingkungan atau sekitarnya untuk mendapat keuntungan yang lebih untuk dirinya sendiri.
Daftar
Pustaka:
-
Parta,
Setiawan.13 Januari 2015.dalam http://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-mekanisme-pasar-dalam-ekonomi/
-
Sora.10
April 2015.dalam http://www.pengertianku.net/2015/04/pengertian-mekanisme-pasar.html

Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.