.

Minggu, 08 Juli 2018

Sistem Ekonomi Campuran


Oleh : Devi Yanti Naibaho

ABSTRAK
Setiap negara tentu memiliki sistem perekonomian yang berbeda tergantung kepada sistem pemerintahan di negara tersebut. Setiap sistem ekonomi juga tentu memiliki perbedaan dalam hal peraturan pelaksanaan kegiatan ekonomi.
Dalam artikel ini kita akan membahas salah satu dari system tersebut yaitu  sistem ekonomi campuran yang dimana sistem perekonomian yang menggabungkan lebih dari satu aspek system ekonomi.

KATA KUNCI : Sistem Ekonomi Campuran
PENDAHULUAN
Ekonomi campuran adalah sistem perekonomian yang menggabungkan lebih dari satu aspek sistem ekonomi. Biasanya, di dalam ekonomi campuran terdapat paduan unsur kapitalisme dan sosialisme.
Tidak ada satu definisi yang pasti untuk ekonomi campuran, tetapi aspek penting yang menjadi cirinya adalah terdapatnya tingkat kebebasan ekonomi individu (termasuk kepemilikan industri secara individu) yang bersipadu dengan ekonomi terancang (termasuk campur tangan atas tanggung jawab sosial, pemulihan lingkungan, atau pemilikan aset atau sumber pengeluaran oleh negara).
Pada praktiknya, banyak negara mulai dari Amerika Serikat hingga Kuba menjalankan sistem perekonomian yang dapat dianggap sebagai ekonomi campuran.

PERMASALAHAN
1)     Apa Pengertian Sistem Ekonomi Campuran ?
2)     Bagaimana Sejarah Sistem Ekonomi Campuran ?
3)     Apa saja Ciri-ciri dan Prinsip Sistem Ekonomi Campuran ?
4)     Apa sajakah Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Campuran ?

PEMBAHASAN

A.     Pengertian Sistem Ekonomi Campuran
      Sistem ekonomi campuran merupakan sistem ekonomi penggambungan antara sistem ekonomi pasar (liberal) dan sistem ekonomi terpusat (komando), yang mana pada sistem ekonomi ini pemerintah dan swasta (individu) bekerja sama dalam melakukan aktivitas ekonomi. Negara yang menganut sistem ekonomi campuran antara lain Maroko, Malaysia, Philipina, Perancis, dan Tiongkok. Pengertian lain dari sistem ekonomi campuran ialah sistem perekonomian yang menggambungkan lebih dari satu aspek sistem ekonomi. Yang seringkali sistem ekonomi campuran adanya unsur kapitalisme dan sosialisme.

B.     Sejarah Sistem Ekonomi Campuran

Munculnya sistem ekonomi campuran dimulai karena pertentangan keras antara pemegang ideologi liberalisme (kapitalisme) yang memakai sistem ekonomi pasar dengan pemegang ideologi Sosialisme (komunisme) yang memakai sistem ekonomi komando. Karena banyaknya konflik diantara kedua kelompok ini. Para ahli berusaha untuk membangun sebuah sistem ekonomi dengan cara menggabungkan ciri dasar antara kedua ideologi tersebut dengan mengambil unsur-unsur terbaik dari keduanya.
Salah satu teori yang dipakai dalam pembentukan sistem ekonomi campuran adalah teori yang dinyatakan oleh Hegel. Ia mengatakan bahwa perkembangan sebuah pemikiran akan mencapai bentuk terbaiknya melalui proses dialetik(komunikasi) menuju suatu sintesa.

Kemudian negara-negara yang menolak terhadap ideologi ekstrim liberalisme dan komunisme mulai berdiskusi tentang ideologi yang dapat diterapkan untuk negaranya, sehingga dipakailah ideologi campuran yang juga mendasari munculnya sistem ekonomi campuran ini.

C.      Ciri-ciri dan Prinsip Sistem Ekonomi Campuran
·        Pemerintah dan pihak swasta berperan aktif dan sama dalam kegiatan ekonomi.
·        Pihak swasta diberikan kebebasan dalam batasan yang telah ditentukan oleh pemerintah.
·        Perencanaan, peraturan dan penetapan kebijakan di bidang ekonomi di susun oleh pemerintah.
·        Persaingan yang terjadi di pasar adalah persaingan bersih yang di kontrol langsung oleh pemerintah.
·        Jenis dan jumlah barang yang diproduksi ditentukan oleh mekanisme pasar.
·        Sumber daya vital yang menyangkut hajat hidup orang banyak dikuasai oleh pemerintah.
·        Peran swasta dan pemerintah sama.

D.     Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Campuran
Kelebihan dari sistem ekonomi campuran antara lain:
  • Hak perseorangan diakuti
  • Terjaminnya kestabilan ekonomi
  • Penetapan harga barang bisa dikendalikan
  • Pemerintah mementingkan keperluan masyarakat
  • Tidak terjadi monopoli baik oleh pemerintah ataupun pihak swasta
  • Persaingan bebas menjadikan perkembangan ekonomi berjalan pada arah yang lebih baik
Kekurangan dari sistem ekonomi campuran antara lain:
  • Beban pemerintah bertambah berat daripada pihak swasta
  • Sumber daya modal yang ada sangat berpengaruh pada keberhasilan menjadikan yang kaya cenderung lebih mudah menjadi lebih kaya
  • Walaupun peran pemerintah sangat besar, tetapi masalah ekonomi seperti inflasi, pengangguran, dan lainnya masih akan muncul dan berkembang
  • Sangat sulit untuk memeratakan pendapatan
  • Tidak adanya kejelasan tentang seberapa besar pengaruh pemerintah dalam aktivitas ekonomi.
  • Pertumbuhan ekonomi cenderung melambat daripada dengan sistem ekonomi pasar (liberal)
KESIMPULAN
Setiap negara tentu memiliki sistem perekonomian yang berbeda tergantung kepada sistem pemerintahan di negara tersebut. Setiap sistem ekonomi juga tentu memiliki perbedaan dalam hal peraturan pelaksanaan kegiatan ekonomi. Namun, setiap sistem tentu memiliki kelebihan dan kelemahannya tersendiri. Jadi, sistem-sistem ekonomi yang ada tentu ada menguntungkannya bagi negara yang menganut, namun juga ada merugikannya bagi negara tersebut.

DAFTAR PUSTAKA
  
Sugeng. 2013. Sistem Ekonomi Campuran. Dalam https://contohdanfungsi.blogspot.com/2013/03/sistem-ekonomi-campuran.html. Diakses 07 Juli 2018.
   
2017. Sistem Ekonomi Campuran : Pengertian, Ciri, Sejarah. Dalam https://www.ilmudasar.com/2017/08/Pengertian-Ciri-Kelebihan-dan-Kekurangan-Sistem-Ekonomi-Campuran-adalah.html. Diakses 07 Juli 2018
              
2015. Pengertian Sistem Ekonomi Campuran, Ciri, Kelebihan & Kekurangan. Dalam http://www.artikelsiana.com/2015/01/pengertian-sistem-ekonomi-campuran-ciri-ciri.html. Diakses 07 Juli 2018.
  
Astika, Widya. 2013. Sistem Ekonomi Campuran. Dalam https://www.scribd.com/doc/128869019/Sistem-Ekonomi-Campuran. Diunduh 06 Juli 2018.
                                    
Herdyanti, Ismi. 2014. SISTEM EKONOMI TRADISIONAL, LIBERAL, DAN CAMPURAN. Dalam https://herdyantismi.wordpress.com/2014/04/19/sistem-ekonomi-tradisional-liberal-dan-campuran/. Diakses 07 Juli 2018.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.